Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Memulai Pembangunan dan Rehabilitasi Sekolah dan Puskesmas yang Terdampak Gempa Cianjur

7 Juli 2023 18:40 WIB
Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Memulai Pembangunan dan Rehabilitasi Sekolah dan Puskesmas yang Terdampak Gempa Cianjur
Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Memulai Pembangunan dan Rehabilitasi Sekolah dan Puskesmas yang Terdampak Gempa Cianjur ( )

Cianjur, Sonora.ID - Musibah gempa di Cianjur, Jawa Barat pada November tahun 2022 lalu, menyebabkan banyak bangunan termasuk fasilitas pendidikan dan kesehatan yang rusak. Merespons kondisi tersebut, Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) berpartisipasi dalam program tanggap darurat dan program rehabilitasi serta membangun kembali sekolah dan puskesmas.

Yayasan DKK melaksanakan program rehabilitasi dan pembangunan kembali puskesmas dan sekolah di dua lokasi, yakni Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Sarbini di Kampung Kedung Girang, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang-Cianjur dan bangunan Puskesmas Pacet di Jalan Wijaya Kusuma, Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet-Cianjur.

Program ini didanai oleh donasi yang dikumpulkan dari beberapa pihak, antara lain dari program dompet pembaca Harian Kompas/Kompas.id untuk korban gempa Cianjur dan penggalangan dana konser Gitaris untuk Negeri di Bentara Budaya Jakarta, 7 Desember 2022 lalu. Hasil donasi yang diterima dikelola oleh Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas. 

Baca Juga: Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Kembali Salurkan Bantuan untuk Penyintas Gempa Cianjur

“Kolaborasi tidak terelakkan dalam mengatasi persoalan, termasuk penanganan bencana.  Yayasan DKK menyadari itu dan kami berupaya bantuan yang disalurkan selalu tepat sasaran dan berkelanjutan, menjadi bagian dari solusi persoalan komunitas,” ujar Ketua YDKK Gesit Ariyanto. 

Pembangunan PKBM dan rehabilitasi Puskesmas Pacet, kata Gesit, dilakukan melalui survei dan asesmen tim YDKK dengan mempertimbangkan sejumlah faktor, terutama dampak keberadaan kedua institusi tersebut. Pendidikan dan kesehatan merupakan dua hal yang sangat penting dan menjadi kebutuhan dasar individu dan komunitas demi masa depan yang lebih baik. 

Pembangunan kembali gedung PKBM Yayasan Sarbini ditandai dengan peletakan batu pertama dan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara YDKK dan Yayasan Sarbini pada Rabu, 5 Juli 2023, di PKBM Yayasan Sarbini. Penandatanganan dilakukan oleh Ketua YDKK Gesit Ariyanto dan Ketua Yayasan Sarbini Cugenang Ema Hermawati, S.Pd. Turut mengetahui Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur H. Akib Ibrahim, S.Pd.,M.M sebagai pihak pendukung dan Manager Eksekutif YDKK Anung Wendyartaka. 

Akib menyampaikan rasa syukurnya karena ada donasi dari pembaca Harian Kompas/Kompas.id yang disalurkan untuk program rekonstruksi gedung sekolah yang rusak karena gempa. “Saya orang yang paling bahagia hari ini karena bantuan ini bisa meningkatkan fasilitas pendidikan yang rusak karena gempa, seperti PKBM Sarbini. Semoga ada lagi donasi seperti ini untuk perbaikan sekolah lainnya,” tambah Akib.

Ketua Yayasan PKBM Sarbini Ema Hermawati juga berterima kasih sebesar-besarnya kepada para donatur YDKK yang mau membangunkan gedung sekolah baru untuk PKBM Sarbini. “Insyaallah bangunan ini bisa kami manfaatkan untuk pembangunan kualitas masyarakat, terutama dalam meningkatkan sektor pendidikan. Dulu PKBM dianggap sebelah mata, insyaallah sekarang PKBM akan menjadikan sekolah pilihan untuk warga masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Aksesbilitas Belajar, YDKK Salurkan Donasi Buku untuk 15 Sekolah di Jawa Barat Selatan

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm