Diplomasi Batik dari Tepi Sungai Han

13 Juli 2023 13:34 WIB
Dubes Sulis berjalan diatas catwalk
Dubes Sulis berjalan diatas catwalk ( )

Sonora.ID –  Tepuk tangan riuh membahana terdengar dari audiens di Gedung Floating Island yang berlokasi di tepi Sungai Han.

Tepuk tangan riuh ini diberikan audiens saat Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto beserta istri, Susi A. Sulistiyanto, berjalan dengan elegan di atas panggung catwalk sambal mengenakan Batik.

Penampilan Dubes Sulis dan istri ini berlangsung pada acara The 2023 Ambassador for International Diplomacy and Culture Contest: Korea Hanbok Model Contest.

Dubes Sulis sebagai tamu kehormatan didaulat untuk memperkenalkan busana yang mencerminkan identitas Indonesia.

Dubes Sulis tampak mengenakan kemeja batik berwarna hijau dengan motif kontemporer sementara Ibu Susi Sulistiyanto mengenakan kebaya bordir berwarna senada dengan kemeja Dubes Sulis dan dipadukan dengan kain dan selendang batik bermotif Burung Sejoli berasal dari Pekalongan.

“Bangga, rasanya bangga dapat mempromosikan diplomasi Batik secara total malam ini. Meski ini pertama kalinya kami turut serta acara ini, kami bersyukur audiens dari kalangan diplomat dan pengusaha menyambut baik. Bahkan sejumlah audiens langsung mendekati kami seusai pagelaran untuk menanyakan busana yang kami kenakan”, tandas Dubes Sulis saat diwawancarai media lokal mengenai perasaan beliau setelah berjalan diatas catwalk.

“Rekan-rekan di komunitas diplomatik dan media sering bertanya mengenai strategi yang paling efektif untuk promosi Batik dan Wastra. Menurut saya, ini kembali lagi pada komitmen kita bersama sebagai Warga Negara Indonesia. Sejak mulai bertugas di awal tahun 2022, hampir setiap hari saya senantiasa mengenakan busana dari Batik dan Wastra seperti Tenun, Ikat dan lainnya. Kerap kali saya sampaikan  kepada jajaran KBRI Seoul, suksesnya diplomasi ekonomi kreatif seperti diplomasi Batik dan Tenun tidak lepas dari peran aktif diplomat dan pegawai KBRI. Oleh karena itu saya senantiasa menghimbau agar seyogyanya kita mengenakan busana dari bahan Batik dan Wastra dalam menghadiri berbagai kegiatan. Inilah bentuk promosi yang holistik”, disampaikan Dubes Sulis.

Tampak hadir pada acara tersebut yaitu Duta Besar dari negara Mexico, Belarus, Filipina, Malaysia, Peru, Sierra-Leone, Lebanon, Turkmenistan, Ekuador dan Nigeria.

Di akhir acara, Dubes Sulis dan Ibu Susi kemudian diundang menyampaikan piala kepada Juara Model Hanbok.

Acara dituanrumahi bersama oleh Ms Kwangja Kim, desainer busana Hanbok Korea, dan Ms Jiyoung Julia Kim (Global Cultural and Economy Link Association).

Bertema Closer Friendship Stronger Partnership, bangsa Indonesia dan Korea Selatan memperingati 50 tahun hubungan bilateral di tahun 2023.

Salah satu prioritas kerjasama adalah penguatan kolaborasi antara pelaku industri kreatif dan digital Korea Selatan dan Indonesia.

Batik, Wastra dan fesyen ditangani oleh Fungsi Ekonomi Kreatif, Digital dan Percepatan Start Up dan Diplomasi Publik KBRI Seoul.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Mensos Risma Motivasi Pengrajin Batik Lokal di Biak Numfor

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm