Tingkatkan Daya Saing Nelayan Kukar, Wabup Rendi dorong Pembangunan Infrastruktur Perikanan secara Berkelanjutan

14 Juli 2023 16:27 WIB
Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin
Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin ( )
Kutai Kartanegara, Sonora.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menganggarkan Rp 15 Miliar untuk pembangunan infrastruktur di Kecamatan Samboja.
 
Nantinya, infrastruktur tersebut diperuntukan bagi masyarakat perikanan, terutama nelayan dan pembudidaya.
 
Fasilitas pendukung yang dibangun Pemkab Kukar, diharapkan mampu meningkatkan produksi perikanan dan memiliki daya saing.
 
Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menjelaskan, infrastruktur yang dibangun memiliki beragam fungsi dan kelengkapan untuk mendukung aktivitas perikanan di sekitar Kecamatan Samboja.
 
"Di dalamnya ada pabrik es, tersedia juga coolbox. Jadi, setiap nelayan bisa menggunakan fasilitas itu," jelasnya.
 
Dengan adanya infrastruktur pendukung tersebut, harga ikan, maupun hasil perikanan lainnya bisa tetap stabil dan meminimalisir terjadinya kerugian.
 
"Jadi, kalau kita kebanjiran ikan, masukan saja ke coolbox. Harganya bisa tetap stabil, tidak perlu jual murah ke Samarinda, Bontang, atau Balikpapan, biar mereka datang ke tempat kita," ujar Rendi.
 
Selain itu, Pemkab Kukar juga gencar memperbaiki akses jalan penghubung antar desa, maupun kecamatan.
 
 
Dengan akses jalan yang memadai, maka turut menunjang distribusi hasil perikanan dari satu tempat ke tempat lainnya, dan perputaran bisnis berjalan dengan lancar.
 
"Jalan-jalan antar desa mulus, kita bisa lihat di Karya Jaya, Tanjung Semelang, Muara Kembang, termasuk jembatan di Teluk Dalam sudah bagus. Walaupun masih ada sedikit lagi yang harus diperbaiki, tahun ini dan tahun depan kita perbaiki, insyaallah masih sempat saya dan pak Bupati menyelesaikan itu," tegasnya.
 
"Mudah-mudahan rencana kita bisa terlaksana sesuai harapan kita, mohon dukungan dari semua pihak karena ini untuk kebaikan kita bersama," tutup Rendi Solihin.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar, Muslik mengungkapkan bakal membangun tempat pelelangan ikan (TPI) di Kecamatan Samboja, Muara Badak, dan Anggana.
 
Selain itu, nantinya juga bakal dibangunkan pangkalan pendaratan ikan (PPI), dan saat ini tengah mempersiapkan lahan maupun pembangunan fisiknya.
 
"Nantinya jika sudah dibangun, kami harap dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh nelayan, maupun masyarakat sekitar," tuturnya.
 
Saat ini  Kukar memiliki dua TPI yang terletak di Desa Semangko Kecamatan Marangkayu dan Kota Bangun, namun belum bisa berfungsi secara optimal.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Tepis Anggapan Miring Tentang Pulau Kumala, Rendi Solihin Sebut Pengembangan Terus Dilakukan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm