AHS Bisa Wujudkan Kemandirian Daerah Terutama Kebutuhan Akan Dokter

19 Juli 2023 12:00 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, menerima audiensi dari jajaran Kemendikbudristek RI, Kemenkes RI, Kelompok Kerja Nasional Akademik/Academic Health System (AHS), dan Asosiasi Instituti Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Wilayah IV.
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, menerima audiensi dari jajaran Kemendikbudristek RI, Kemenkes RI, Kelompok Kerja Nasional Akademik/Academic Health System (AHS), dan Asosiasi Instituti Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Wilayah IV. ( Adpim)

Pontianak, Sonora.ID - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, menerima audiensi dari jajaran Kemendikbudristek RI, Kemenkes RI, Kelompok Kerja Nasional Akademik/Academic Health System (AHS), dan Asosiasi Instituti Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Wilayah IV, Selasa (18/7/2023). 

Pada kegiatan tersebut membahas potensi pelaksanaan Sistem Kesehatan Akademik/Academic Health System (AHS) dimana dapat mewujudkan kemandirian daerah dalam produksi, distribusi, dan retensi dokter umum, dokter gigi, dan dokter spesialis di Kalimantan Barat.

"Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim AHS, teman-teman dari Kementerian Kesehatan dan Pak Rektor Untan," ucap Sekda Harisson di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat.

Baca Juga: Siapakah AHS, Keluarga Cendana yang Diduga Terlibat Kasus MeMiles? 

Melanjutkan sambutan, Sekda mengatakan pemenuhan jumlah dokter di Puskesmas maupun RS di kabupaten sangat bergantung bagaimana cara Direktur dan Kepala Dinas Kesehatan memperlakukan mereka. 

“Jika pimpinan bisa _ngemong_, maka dokter-dokter tersebut akan bertahan,” ujarnya. 

Beberapa kendala juga disampaikan Sekda Prov Kalbar dihadapan tim, seperti tidak memperhatikan komposisi kebutuhan dokter (umum, spesialis, gigi) di suatu daerah, pengajuan pindah tugas oleh dokter-dokter spesialis, dan menahan masyarakat untuk tidak berobat keluar negeri.

“Pemprov Kalbar berkomitmen tinggi mendukung program AHS. Selain itu, kami juga meminta dukungan pemerintah daerah,” tegas Sekda Prov Kalbar.

Di kesempatan yang sama, Asisten I Sekda Prov Kalbar, Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si., dalam laporannya mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) telah membentuk Tim Teknis dan Tim Sekretariat Penerapan Sistem Kesehatan Akademik Provinsi Kalimantan Barat yang dituangkan dalam Keputusan Gubernur Kalbar.

“Terkait program AHS, maka Sistem Kesehatan Akademik dan Pemenuhan Dokter dan Dokter Spesialis merupakan Penyelenggaraan program pendidikan, penelitian, pelayanan kesehatan dan pengabdian kepada masyarakat secara terpadu,” jelas Asisten I Sekda Prov Kalbar dihadapan kepala perangkat daerah di lingkup Pemprov Kalbar dan tamu undangan lainnya.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm