Lebih Dari 4 Juta Warga Jabar Nikmati Beras Bantuan Pangan

20 Juli 2023 20:45 WIB
Foto: Saat pemberian bantuan pangan Bulog di Jabar/Dok. Humas BULOG Kanwil Jabar
Foto: Saat pemberian bantuan pangan Bulog di Jabar/Dok. Humas BULOG Kanwil Jabar ( )

Bandung, Sonora.ID - Perum BULOG Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Barat (Jabar) telah berhasil merampungkan penyaluran Program Bantuan Pangan bagi 4,4 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 
 
"Penyaluran program bantuan yang diamanatkan Badan Pangan Nasional ini terbagi dalam 3 alokasi untuk masyarakat di 27 kabupaten/kota di Jabar," kata Pemimpin Wilayah (Pimwil) Perum BULOG Kanwil Jabar Muhammad Attar Rizal di Bandung, Kamis (20/7/2023).
 
Menurutnya, sampai dengan 24 Juni 2023 lalu atau pada hari terakhir penyaluran, Perum BULOG Kanwil Jabar telah menyalurkan sebanyak 44.277 ton beras.
 
Jumlah ini setara bagi 44,2 juta KPM untuk setiap alokasi, dimana masing-masing KPM menerima 10kg beras.
 
"Alhamdulillah, penyaluran Program Bantuan Pangan sebanyak 3 alokasi untuk 4,4 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Jawa Barat," ucapnya.
 
Baca Juga: Hingga Akhir Tahun, Stok Beras di Bandung Dipastikan Aman

Attar mengatakan, bantuan pangan berupa beras tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka menekan angka inflasi, serta menstabilkan harga beras yang ada di pasaran. 

Adapun keberhasilan penuntasan penyaluran beras bantuan pangan tersebut juga tak terlepas dari koordinasi dan kerjasama yang baik antara BULOG dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar melalui Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial dan juga PT. POS Indonesia selaku transporter.
 
"Mudah-mudahan bantuan beras ini dapat meringankan beban masyarakat Jawa Barat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokoknya," imbuhnya.
 
Disinggung mengenai rencana adanya perpanjangan program Bantuan Pangan, Attar menegaskan, jika Perum BULOG Kanwil Jabar pun telah siap. Bahkan, dari sisi ketersediaan beras masih sangat mencukupi. 
 
"BULOG Kanwil Jabar masih memiliki stok hasil pembelian gabah dan beras dari petani, dimana stok beras yang ada sangat cukup untuk memenuhi alokasi bantuan pangan berikutnya. Jadi tidak perlu merasa khawatir," tegasnya.
 
Baca Juga: Pasca Lebaran, Bulog Cadangkan Beras Impor Untuk Stabilisasi Harga

Menurutnya, hingga kini Perum BULOG Kanwil Jabar telah melakukan penyerapan gabah/beras dari para petani lokal dengan skema komersial maupun PSO, kurang lebih 192 ribu ton. Jumlah tersebut sudah mendekati target pada tahun ini yang dipatok 309 ribu ton.

"Selain penyerapan, BULOG Jabar pun telah menyiapkan langkah antisipatif jika sewaktu-waktu terjadi gejolak harga. Dengan mengandalkan stok yang tersedia, BULOG siap untuk mengoptimalkan Kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sampai harga kembali stabil," ungkapnya.
 
Sementara itu, dari kegiatan SPHP yang telah berjalan, BULOG Jabar telah menggelontorkan beras sebanyak kurang lebih 54 ribu ton ke beberapa titik Pasar Pencatatan Inflasi BPS maupun toko ritel modern di wilayah Jawa Barat.
 
Jumlah tersebut akan terus bertambah sesuai permintaan dan kebutuhan.
 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm