25 Contoh Kalimat dari Kata Hayati yang Benar Lengkap dengan Artinya

25 Juli 2023 17:30 WIB
Contoh kalimat dari kata hayati.
Contoh kalimat dari kata hayati. ( Freepik)

Sonora.ID - Kata hayati menjadi salah satu kata yang cukup populer baik di media sosial maupun di buku-buku pengetahuan.

Namun, apakah kamu tahu yang dimaksud dengan hayati itu? Mengutip dari laman Kamus Besar Bahasa Indonesia V (KBBI V), kata hayati memiliki arti mengenai hidup atau berhubungan dengan hidup.

Untuk memahaminya dengan lebih baik kamu dapat menyimak kumpulan contoh kalimat yang menggunakan kata hayati berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 30 Contoh Kalimat Subjektif yang Tepat dalam Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat dari Kata Hayati

  1. Keanekaragaman hayati dimulai di masa lalu yang jauh dan mengarah ke masa depan. 
  2. Perubahan iklim, jika tak dikendalikan merupakan ancaman mendesak terhadap kesehatan, pasokan makanan, keanekaragaman hayati, dan mata pencaharian di seluruh dunia.
  3. Kami tak bisa membayangkan sesuatu yang lebih penting daripada udara, air, tanah, energi, dan keanekaragaman hayati. Ini adalah hal-hal yang membuat kita tetap hidup.
  4. Jika semua orang ingin hidup dengan gembira, dan damai maka keanekaragaman hayati kita adalah kunci untuk mencapainya.
  5. Semua untuk satu dan satu untuk semua, jaga keanekaragaman hayati atau masa depan kita bisa jatuh.
  6. Bersama-sama kita akan dapat menyelamatkan keanekaragaman hayati kita. Tak satupun dari kita dapat bertindak sendiri.
  7. Kandungan zat kimia tertentu dalam limbah industri yang mencemari perairan dalam jumlah tertentu dapat membahayakan kehidupan sumber hayati perikanan yang menghuni perairan tersebut. 
  8. Salah satu upaya memitigasi krisis keanekaragaman hayati yang harus ditindaklanjuti dengan serius adalah target konservasi atas 30 persen area darat dan laut dunia pada 2030. 
  9. Bumi saat ini tengah menghadapi tiga tantangan berat yaitu perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan polusi. 
  10. Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi. 
  11. Keanekaragaman hayati Indonesia memiliki beberapa keunikan dan keistimewaan. 
  12. Keragaman hayati atau biodiversitas secara global diperkirakan mencapai setidaknya 500 juta spesies. 
  13. Hari Keanekaragaman Hayati Internasional jatuh pada tanggal 22 Mei. 
  14. Keragaman hayati yang terjadi dalam sebuah sistem hidup meliputi dua aspek besar yaitu aspek lingkungan (ruang tempat hidup), dan aspek organisme hayati.
  15. Keragaman hayati bukan hanya merupakan beragamnya antar jenis organisme hayati, keragaman ini terjadi pada seluruh aspek hayati yang membingkai kehidupannya.
  16. Lingkungan darat akan menghasilkan keragaman hayati dari bangsa mamalia, bangsa serangga, bangsa mollusca, bangsa tumbuhan, bangsa burung, bangsa nematoda, bansa hepertofauna dan masih banyak lagi.
  17. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai adalah salah satu kawasan konservasi di Sulawesi Tenggara yang memiliki keragaman hayati yang sangat tinggi.
  18. Wilayah subtropis tingkat keragaman hayatinya semakin rendah, hal ini disebabkan tidak semua organisme mampu hidup ditempat ini, hanya mereka yang sanggup berada di lingkungan bersuhu rendah dengan intensitas cahaya matahari yang fluktuatif.
  19. Kawasan di kutub utara dan selatan bumi memiliki tingkat keragaman hayati yang sangat rendah, hanya organisme yang mampu hidup di suhu sangat rendah yang mampu hidup di sini.
  20. Keragaman organisme hayati adalah keragaman yang terjadi pada unsur makhluk hidup flora maupun fauna. 
  21. Alasan mengapa hutan hujan tropis memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi adalah lingkungan yang cenderung stabil.
  22. Keanekaragaman hayati merupakan materi yang dipelajari dalam ilmu Biologi.
  23. Kekayaan hayati laut dan samudra Indonesia antara lain berbagai jenis terumbu karang, rumput laut, hutan mangrove, padang lamun, dan berbagai jenis ikan.
  24. Sumber daya hayati sangat berperan dalam menjaga kebersihan dan kesegaran udara, berbagai penelitian membuktikan bahwa berbagai komunitas tumbuhan menyumbangkan peranya dalam menjaga kualitas udara. 
  25. Keanekaragaman hayati tingkat ekosistem merupakan keanekaragaman yang terbentuk sebagai akibat dari adanya variasi interaksi kelompok makhluk hidup dengan lingkungannya. 

Demikianlah paparan mengenai contoh kalimat hayati dalam bahasa Indonesia yang tepat dan benar sebagai referensi.

Baca Juga: 25 Contoh Kalimat Abdomen yang Tepat dan Benar dalam Bahasa Indonesia

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm