35 Contoh Kritik dan Saran Untuk Sekolah yang Sopan dan Membangun

24 Juni 2023 13:00 WIB
Contoh kritik dan saran untuk sekolah yang sopan dan membangun.
Contoh kritik dan saran untuk sekolah yang sopan dan membangun. ( Freepik)

Sonora.ID - Kritik dan saran merupakan suatu bentuk umpan balik yang diberikan oleh orang lain terhadap suatu hal yang telah dilakukan.

Kritik serta sarapan ini dapat berupa tanggapan yang positif terhadap kinerja seseorang atau sebuah lembaga.

Meskipun tampak sepele, namun kritik dan saran ternyata memainkan peran yang sangat penting dalam peningkatan kinerja seseorang atau lembaga.

Dalam lingkungan sekolah, kritik dan saran yang diberikan oleh para siswa, orang tua siswa, atau masyarakat sekitar dapat memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kualitas sekolah baik sarana maupun prasarananya.

Berikut ini kumpulan contoh kritik dan saran untuk sekolah yang membangun dan sopan, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Simak! 13 Contoh Kritik dan Saran Untuk Guru Paling Sopan dan Santun

Contoh Kritik dan Saran Untuk Sekolah yang Sopan dan Membangun

  1. Kondisi kamar mandi siswa sangat tidak layak, terdapat banyak sekali kerusakan di pintu, dinding, dan atap kamar mandi.
  2. Saran saya, pihak sekolah perlu membangun kembali kamar mandi siswa yang baru karena fasilitas ini sangat penting dan dibutuhkan siswa.
  3. Sekolah seharusnya memberikan penilaian yang merata kepada setiap siswanya. Jangan hanya memberikan penilaian berdasarkan nilai saja, tetapi juga dari mental, adab, perilaku dan bagaimana keterlibatan orangtuanya 
  4. Banyak sekali siswa yang sering telat masuk sekolah. Hal ini terus terulang karena tidak adanya sanksi bagi siswa yang telat.
  5. Saya berharap pihak sekolah lebih tegas dalam memberlakukan sanksi kepada siswa, sehingga siswa menjadi lebih patuh dan disiplin.
  6. Sekolah B merupakan sebuah sekolah yang banyak diincar oleh murid akan tetapi sangat disayangkan karena pergaulan di sana kurang baik, banyak siswa yang menjadikannya sebagai ajang untuk memamerkan kekayaan 
  7. Sebagai lembaga pendidikan sudah seharusnya sekolah meluruskan niat siswa yaitu untuk mengasah kreativitas dan kecerdasan bukan hanya pergi ke sekolah untuk mendapatkan nilai yang tinggi saja 
  8. Terdapat banyak meja dan kursi di ruangan kelas yang tidak layak pakai, sehingga mengganggu kegiatan belajar siswa.
  9. Saya harap pihak sekolah segera mengganti kursi dan meja yang rusak dengan yang baru, sehingga kegiatan belajar siswa dapat berjalan dengan lancar.
  10. Sekolah seharusnya mengeluarkan tindakan tegas kepada wali murid yang tidak banyak terlibat dalam proses perkembangan siswanya 
  11. Sekolah merupakan tempat untuk mendidik siswa menjadi orang yang beradab bukan semata karena ingin mendapatkan nilai bagus saja 
  12. Sekolah ini tidak menyediakan fasilitas wifi, padahal di zaman yang serba digital saat ini, siswa dan guru membutuhkan koneksi internet yang baik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.
  13. Saran saya, sekolah perlu menyediakan fasilitas wifi untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar.
  14. Sebagai sekolah terbaik di kota ini sudah seharusnya sekolah mengatur jam kerja guru. Sepertinya banyak guru yang merasa kelelahan dengan beban mengajarnya 
  15. Fasilitas olahraga di sekolah ini kurang memadai. Tidak ada lapangan bola voli, lapangan tenis, lapangan sepak bola, dan perlengkapan olahraga seperti bola voli, matras, dan bola basket.
  16. Saran saya, sekolah perlu mengalokasikan dana untuk melengkapi fasilitas olahraga di sekolah ini. Sebab, fasilitas olahraga sangat penting untuk mendukung minat dan bakat siswa dalam bidang olahraga.
  17. Sekolah A terlalu banyak meminta murid untuk membawa buku pelajaran ke sekolah, hal ini membuat siswa SD sering membawa tas yang berat 
  18. Ruang kelas di sekolah ini terasa sangat panas, hal tersebut mengganggu konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar.
  19. Saran dari saya, sekolah perlu melengkapi fasilitas pendingin ruangan di setiap kelas, sehingga ruangan menjadi lebih sejuk dan meningkatkan kenyamanan belajar siswa.
  20. Seharusnya agar siswa tidak perlu membawa tas dengan banyak buku, sekolah memberikan fasilitas loker setiap siswa untuk tempat buku 
  21. Zaman sudah berkembang tetapi fasilitas sekolah untuk belajar tetap tidak berkembang 
  22. Seharusnya sebagai sekolah swasta favorite, guru harus datang tepat waktu agar proses pembelajaran bisa berlangsung dengan maksimal 
  23. Membuat peraturan seperti larangan untuk membawa kosmetik memang peraturan yang wajar. Akan tetapi sebaiknya guru jangan menyamaratakan semuanya seperti sisir. 
  24. Saya rasa ruangan kelas ini sudah tidak layak digunakan dan mengancam keselamatan. Dingin ruangan kelas banyak yang retak dan kayu penyangga atap yang terlihat rapuh.
  25. Saran saya, siswa yang berada di kelas ini dipindahkan ke ruang kelas lain yang lebih aman dan nyaman.
  26. Perpustakaan di sekolah ini kurang menyenangkan karena buku yang tersedia sangat sedikit. Hal ini juga mengurangi minat siswa untuk mengunjungi perpustakaan.
  27. Saya berharap pihak sekolah menambah jumlah buku di perpustakaan, sehingga meningkatkan minat baca para siswa.
  28. Di sekolah ini, kebiasaan buang sampah sembarangan yang dilakukan siswa hingga guru semakin sering. Hal ini tentu saja sangat mengotori lingkungan sekolah dan tidak mencerminkan sikap seorang terpelajar.
  29. Saran saya, sekolah harus menerapkan aturan ketat bagi warga sekolah yang suka membuang sampah sembarangan, sehingga ada efek jera bagi pelanggar dan lingkungan sekolah menjadi lebih bersih.
  30. Saya rasa jam istirahat di sekolah ini terlalu pendek tidak seperti sekolah pada umumnya. Hal tersebut membuat siswa kekurangan waktu untuk makan dan istirahat.
  31. Saran dari saya, sekolah mungkin perlu memperpanjang jam istirahat, sehingga siswa memiliki cukup waktu untuk makan dan istirahat.
  32. Kondisi bendera upacara sudah tidak layak. Warna bendera sudah memudar dan beberapa bagian ada yang rusak.
  33. Saran saya sekolah perlu mengganti bendera upacara yang sudah tidak layak dengan bendera yang baru.
  34. Saya rasa sekolah ini kurang mendukung berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang ada. Padahal kegiatan ini sangat penting untuk perkembangan potensi siswa.
  35. Saran saya, sekolah perlu mendukung kegiatan ekstrakurikuler, sehingga kegiatan tersebut menjadi lebih layak dan mendukung minat & bakat siswa.

Baca Juga: 20 Contoh Kritik dan Saran untuk Dosen, Bisa Diajukan saat Isi Kuisoner Akhir Semester

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm