50 Contoh Kalimat dari Kata Potensi dan Artinya Menurut KBBI

26 Juli 2023 13:27 WIB
Contoh kalimat potensi dan artinya menurut KBBI V.
Contoh kalimat potensi dan artinya menurut KBBI V. ( Pixabay)

Sonora.ID - Apa sih arti kata potensi itu? Menurut laman Kamus Besar Bahasa Indonesia V (KBBI V) potensi memiliki arti sebagai kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan; kekuatan; kesanggupan; daya.

Untuk memahami makna atau arti kata potensi ini secara lebih baik Anda dapat menyimak kumpulan contoh kalimat dari kata potensi berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

Contoh Kalimat yang Menggunakan Kata Potensi

  1. Daerah Maluku yang merupakan daerah kepulauan "terkesan dipaksakan" untuk ditanami padi sehingga potensi lokal seperti sagu mulai terpinggirkan.
  2. Jika Bulog lebih kepada penyediaan dan pengaturan harga beras, BKP berupaya menciptakan ketahanan pangan, dengan memanfaatkan potensi pangan lokal.
  3. Apakah Anda mempunyai potensi di bidang penulisan makalah? 
  4. Saya tidak mempunyai potensi di dalam kegiatan menjual makanan.
  5. Radio Trijaya sejak awal sudah melihat potensi besar di kalangan profesional muda sebagai segmen yang baru terbentuk dengan jumlah yang sangat memadai.
  6. Adapun analisis ini meliputi kepentingan yang dibawa, potensi serta konsekuensi dari kehadiran pemangku kepentingan tersebut dalam perencanaan program.
  7. Kesadaran atas potensi diri lebih baik daripada keluhan yang membuat Anda makin terpuruk.
  8. Makin besar harapanmu, makin besar potensi kekecewaanmu.
  9. Pada intinya, siapapun punya potensi untuk saling mengecewakan.
  10. Jangan pernah ragu dengan potensi yang ada dalam diri Anda. Cobalah lihat kupu-kupu, seandainya saja ia memiliki keraguan-keraguan, maka ia akan hidup dan mati sebagai seekor ulat bulu yang hanya bisa merangkak.
  11. Jangan biarkan kemampuan yang terbatas membatasi potensi kesuksesan yang tidak terbatas.
  12. Metode yang paling efektif untuk mendorong potensi diri, yaitu evaluasi diri, perubahan pola pikir, perubahan pola bertindak.
  13. Kau tidak akan tahu potensi dirimu jika tidak pernah memiliki keberanian untuk mencoba sesuatu.
  14. Semua orang mempunyai potensi kebaikan, yang akan berkembang bila memperoleh kepercayaan.
  15. Biarkan potensi keluar dengan memfokuskan dirimu pada satu hal.
  16. Gelombang keempat, yakni bidang politik sehingga dewasa ini tak ada lagi suatu negara yang hanya mempertaruhkan potensi yang terdapat di dalam negaranya.
  17. Tetapi karena mayoritas tingkat pendidikan penduduk terutama KK miskin di desa ini sangat rendah, menjadi hambatan utama pengembangan potensi masyarakat.
  18. Dalam mewujudkan diversifikasi pangan, potensi pangan sagu yang banyak tumbuh di Maluku diupayakan untuk dijadikan sebagai ketahanan pangan berbasis lokal.
  19. Dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran dosen mendasarkan pada konsep bahwa setiap orang memiliki potensi untuk berkembang secara akademik dan profesional.
  20. Teknik penarikan sampel kuota ini mirip dengan sampel probabilitas, namun jika tidak dilakukan dengan cermat penarikan sampel kuota memiliki potensi bermasalah.
  21. Para siswa belajar dan mendapatkan ilmu serta informasi hanya dari guru sehingga potensi maupun daya pikir yang ada pada diri siswa tidak tersalurkan dengan baik.
  22. Meskipun kolom password di dalam berkas itu berisi "encrypted password" (password yang sudah terenkripsi), akan tetapi ini merupakan potensi sumber lubang keamanan.
  23. Terhubungnya LAN atau komputer ke Internet membuka potensi adanya lubang keamanan (security hole) yang tadinya bisa ditutupi dengan mekanisme keamanan secara fisik.
  24. Meskipun sudah terenkripsi, penyimpanan data password yang sudah terenkripsi tersebut masih menimbulkan potensi lubang keamanan karena DES merupakan enkripsi yang reversible.
  25. Potensi batu bara yang ada di kota Tarakan tidaklah sebesar batu potensi batu bara yang ada di Samarinda.
  26. Kami mengetahui potensi kota Tarakan yang umumnya berasal dari minyak bumi. 
  27. Pulau bunyu memiliki potensi minyak bumi dan gas alam yang sangat luar biasa.
  28. Karena tidak ada kontrol komunitas atas pangannya sendiri, berbagai potensi sumber daya alam serta potensi sosial-ekonomi-budaya lokal tidak bisa dimanfaatkan secara optimal.
  29. Sebagai manusia perempuan mempunyai apa yang oleh Maslow disebut sebagai self-actualization needs, mereka butuh lahan untuk mengekspresikan dan mengembangkan potensi intelektualitasnya.
  30. Demikian pula halnya dengan potensi untuk pengembangan perkebunan, perikanan dan peternakan yang masih cukup potensial untuk dikembangkan di kawasan budidaya yang ada di Kabupaten Ketapang.
  31. Aku terlalu sibuk memikirkan bagaimana menjadi orang lain hingga lupa ternyata aku punya potensi. Potensi menjadi diri sendiri.
  32. Ada potensi mengagumkan dalam diri setiap insan manusia. Percayalah pada kekuatan dan masa muda Anda. Belajarlah untuk tanpa henti berulang-ulang mengatakan kepada diri sendiri, 'Itu semua tergantung padaku'.
  33. Lebih mudah menggali potensi Anda daripada mengubah diri Anda.
  34. Berstrategi bukan bagaimana mengalahkan lawan, tapi bagaimana menemukan potensi terbaik untuk bisa maju dan terus berkembang.
  35. Tidak perlu menjadi orang lain karena diri kita sendiri memiliki potensi yang dapat melebihi orang lain.
  36. Kita memiliki potensi yang luar biasa dengan standar yang berbeda.
  37. Untuk menemukan solusi, harus dilakukan pemetaan masalah dan potensi.
  38. Potensi dalam diri berpotensi mengecewakan orang lain.
  39. Maksimalkan potensi dalam diri karena satu-satunya yang menjadi pembatas adalah dirinya sendiri.
  40. Berusaha menggali potensi, memperbaiki diri, mengasah kemampuan yang Tuhan beri, meningkatkan kualitas hati agar tidak mudah tersakiti.
  41. Kesombongan adalah motif dari potensi yang sangat besar.
  42. Perhatikan hal-hal kecil yang ada di dalam dirimu, mungkin saja itu adalah potensi besar yang bisa membuatmu berprestasi.
  43. Berbicara dengan diri sendiri akan membuat kita lebih cerdas karena lebih banyak mengenal potensi dan intropeksi diri.
  44. Tuhan, sang Maha Pencipta, telah menganugerahi jiwa dan diri kita potensi kekuatan dan kemampuan yang luar biasa. Berdoa membantu kita mengetuk dan menumbuhkan kekuatan tersebut.
  45. Belajar berhenti mengecilkan diri sendiri dan memperbesar segala potensi.
  46. Anda harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengolah potensi yang dimiliki oleh negara Indonesia. 
  47. Air sungai Brantas memiliki potensi wisata lingkungan yang sangat tinggi. 
  48. Memiliki populasi penduduk yang padat adalah potensi yang bagus untuk mendorong pariwisata tumbuh dan berkembang.
  49. Saya melihat Bapak Abdullah mempunyai potensi sebagai guru mengaji yang sangat telaten. 
  50. Mengapa potensi sumber daya alam Indonesia masih banyak yang belum dimanfaatkan?

Demikianlah paparan mengenai kumpulan contoh kalimat potensi dalam bahasa Indonesia lengkap dengan artinya menurut KBBI V.

Baca Juga: 25 Contoh Kalimat dari Kata Hayati yang Benar Lengkap dengan Artinya

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm