15 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Benar Sesuai dengan Strukturnya

27 Juli 2023 18:15 WIB
Contoh kata pengantar makalah lengkap dengan paparan pengertian, fungsi, dan strukturnya.
Contoh kata pengantar makalah lengkap dengan paparan pengertian, fungsi, dan strukturnya. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Kata pengantar merupakan bentuk kerangka tulisan yang berisi ungkapan dari penulis tentang karangan atau karya tulis yang ia buat kepada pembaca sebelum membaca ke sisi atau inti karangan tersebut. 

Kata pengantar ini berfungsi untuk mengantarkan pembaca menuju isi karya tulis dengan uraian-uraian umum yang terdapat dalam karya tulisan tersebut.

Selain itu, kata pengantar juga menjadi bagian yang berfungsi untuk mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu dan permohonan maaf kepada pembaca apabila ada kekurangan dalam karya tersebut.

Baca Juga: 7 Contoh Daftar Isi Makalah yang Benar dan Sesuai dengan Pedoman

Struktur Kata Pengantar

Mengutip dari laman Gramedia, sebuah kata pengantar biasanya terdiri atas beberapa bagian atau struktur di antaranya adalah sebagai berikut.

(1) Pembuka

Terdiri dari satu sampai dua paragraf yang berisi ucapan syukur penulis karena karya tulisnya telah selesai. 

Selain itu, biasanya pada beberapa karya tulis yang tersebar di Indonesia, ucapan syukur ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selanjutnya, penulis biasanya juga mengucapkan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu menyelesaikan karya tulis tersebut. 

(2) Isi

Isi pada kata pengantar akan menampilkan gambaran umum dari keseluruhan isi karya tulis tersebut, namun tidak perlu ditulis secara terlalu rinci.

(3) Penutup

Bagian penutup kata pengantar dapat diisi dengan ucapan permohonan maaf penulis atas segala hal yang barangkali menjadi kesalahannya dalam karya tulis tersebut.

Penulis pun dapat meminta kritik dan saran atas kekurangan atau kelemahan yang ada pada karya tulis tersebut. 

Contoh Kata Pengantar Makalah

Setelah memahami definisi, fungsi, dan struktur kata pengantar dalam paparan di atas berikut kami sajikan kumpulan contoh kata pengantar makalah yang benar, dikutip dari berbagai sumber.

Contoh 1

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji dan syukur tim penulis panjatkan kehadirat Allah Ta’ala.  atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul, “PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM CEK TOKO SEBELAH: KAJIAN PRAGMATIK” dapat kami selesaikan dengan baik. Tim penulis berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca tentang pelanggaran atau kesalahan apa saja yang biasa terjadi dalam bahasa keseharian yang bisa kita pelajari salah satunya dari karya film. Begitu pula atas limpahan kesehatan dan kesempatan yang Allah SWT karuniai kepada kami sehingga makalah ini dapat kami susun melalui beberapa sumber yakni melalui kajian pustaka maupun melalui media internet.

Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kami semangat dan motivasi dalam pembuatan tugas makalah ini. Kepada kedua orang tua kami yang telah memberikan banyak kontribusi bagi kami, dosen pembimbing kami, Bapak Rustono, M.Hum., dan Ibu Nike Widya Kusumastuti, S.S., M.A., dan juga kepada teman-teman seperjuangan yang membantu kami dalam berbagai hal. Harapan kami, informasi dan materi yang terdapat dalam makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Tiada yang sempurna di dunia, melainkan Allah SWT. Tuhan Yang Maha Sempurna, karena itu kami memohon kritik dan saran yang membangun bagi perbaikan makalah kami selanjutnya.

Demikian makalah ini kami buat, apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, atau pun adanya ketidaksesuaian materi yang kami angkat pada makalah ini, kami mohon maaf. Tim penulis menerima kritik dan saran seluas-luasnya dari pembaca agar bisa membuat karya makalah yang lebih baik pada kesempatan berikutnya.

Semarang, 01 Juni 2018

Penulis

Contoh 2

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul "Analisis Akuntansi Pajak Penghasilan Pasal 21 Atas Karyawan Pada PT Angin Ribut" tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan proposal penelitian ini adalah untuk mempelajari cara pembuatan skripsi pada Universitas Angkasa Raya dan untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi.

Pada kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril maupun materiil sehingga proposal penelitian ini dapat selesai. Ucapan terima kasih ini penulis tujukan kepada:

  • Bapak Rahmat Jaelani, S.E, Msi, Akt selaku Dosen yang telah mendidik dan memberikan bimbingan selama masa perkuliahan.
  • Pimpinan PT Angin Ribut, Bapak Bhaskoro, S.E. dan seluruh staf perusahaan atas kesempatan dan bantuan yang diberikan kepada penulis dalam melakukan penelitian dan memperoleh informasi yang diperlukan selama penulisan proposal penelitian ini.
  • Ayah, Bunda, dan adikku yang telah memberikan doa, dorongan, dan semangat selama penyusunan skripsi ini.
  • Teman seperjuanganku yang satu bimbingan penelitian proposal, Amanda Putri Manopo yang telah berjuang bersama-sama penulis dalam menyelesaikan proposal penelitian ini.

Meskipun telah berusaha menyelesaikan proposal penelitian ini sebaik mungkin, penulis menyadari bahwa proposal penelitian ini masih ada kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca guna menyempurnakan segala kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm