SSIC 2023, Upaya BI Tingkatkan Investasi dan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Sulsel

31 Juli 2023 18:55 WIB
SSIC 2023 di hotel Four Points Makassar
SSIC 2023 di hotel Four Points Makassar ( Sonora.ID)

Makassar, Sonora.ID - Bank Indonesia (BI) berupaya meningkatkan investasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Sulawesi Selatan

Seperti dengan menggelar South Sulawesi
Investment Challenge (SSIC) 2023 di hotel Four Points Makassar. Kegiatan bertajuk strengthening a fast-growing, inclusive and sustainable economy.

"Momentum meningkatnya investasi
tersebut perlu dioptimalkan," kata Causa Iman Karana, kepala perwakilan BI Sulsel seperti dikutip dari keterangan yang diterima, Senin (31/7/2023).

Dia menjelaskan SSIC merupakan wadah yang disediakan Forum PINISI SULTAN untuk menjaring proyek investasi potensial yang ada di 24 Kabupaten/Kota di Sulsel yang dapat dipasarkan ke berbagai investor baik dalam negeri maupun luar negeri untuk menarik dana investasi masuk ke wilayah Sulsel.

Baca Juga: Cara Cek BI Checking Via Hp dengan Mudah di Situs Idebku

SSIC merupakan acara tahunan yang rutin diselanggarakan KPw BI Provinsi Sulsel bekerja sama dengan Pemprov Sulsel sejak tahun 2021. Kegiatan ini diikuti oleh Pemerintah Provinsi yang tergabung dalam PINISI SULTAN diantaranya DMPTSP Sulsel,
Bappelitbangda Sulsel, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel, serta Dinas Pariwisata Sulsel, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Project Owner Investment Project Ready to Offer (IPRO), sampai Bupati dan Walikota se-Sulawesi Selatan.

Dengan mengusung tema Strengthening a Fast-Growing, Inclusive and Sustainable Economy, SSIC kali ini menjaring 24 usulan Projek Investasi senilai Rp9,12 Triliun dari 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan untuk diambil 5 projek investasi terbaik.

Dari 24 peserta SSIC 2023, telah dilakukan penilaian tahap 1 dan tahap 2 oleh 5 dewan Juri. Hasil seleksi menyisakan 5 Investment Project Ready to Offer (IPRO) yang akan mempresentasikan proyek investasinya dihadapan dewan juri langsung.

Kelima Proyek Investasi tersebut
adalah Pengolahan Rumput laut dari Kabupaten Bone, Pengembangan Kawasan Industri Bantaeng Pabrik Baterai Litium dari Kabupaten Bantaeng, Parepare hotel dan convention hall dari kota Pare-Pare, Industri Pengalengan Ikan Sarden Terintegrasi dari Kabupaten Sinjai, serta Pengembangan Kawasan Minapolitan Selayar (KMS) dari Kabupaten Selayar.

Dari lima daerah Kabupaten Kota finalis SSIC 2023 tersebut, para kepala daerahnya atau pejabat yang mewakili mempresentasikan potensi project investasi yang siap untuk ditawarkan ke investor ke para dewan juri.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman hasil pemenang South Sulawesi investment Challenge (SSIC) 2023. Hasilnya, tim dewan juri memutuskan Kabupaten Bantaeng sebagai juara 1, Kabupaten Kepulauan SelayarJuara 2, Kabupaten Bone Juara 3, Kabupaten Sinjai Harapan 1, dan Kota Parepare sebagai juara harapan 2 kompetisi SSIC 2023.

Baca Juga: MDR untuk Usaha Mikro 0,3%, BI Kalsel : Untuk Tingkatkan Layanan QRIS

Kepada para pemenang tersebut diberikan apresiasi berupa trophy, piagam penghargaan, peralatan pendukung promosi investasi, dan pendampingan/konsultansi perbaikan proposal IPRO yang akan disampaikan secara langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan dan Kepala Perwakilan BI Sulsel.

Kegiatan SSIC 2023 ini memberikan dampak positif berupa meningkatknya awareness stakeholders pemerintah daerah khususnya Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Selatan akan pentingnya mempersiapkan project investasi yang ada didaerah agar dapat dipromosikan dengan baik ke Investor luar dan dalam negeri.

Selain itu, kegiatan SSIC juga meningkatkan exposure project investasi di daerah Sulsel ke calon investor. Sebab, Kabupaten/Kota pemenang SSIC 2023 nantinya akan diikutsertakan dalam kegiatan South Sulawesi Investment Forum (SSIF) 2023 untuk dihubungkan dan dipromosikan secara langsung ke potential investor dalam dan luar
negeri untuk menjaring dana investasi yang masuk ke daerah Sulawesi Selatan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm