15+ Contoh Soal Tes Wawancara PPG Prajabatan 2023 dan Jawabannya

1 Agustus 2023 17:10 WIB
Contoh soal tes wawancara PPG Prajabatan 2023 dan jawabannya.
Contoh soal tes wawancara PPG Prajabatan 2023 dan jawabannya. ( PPG Kemdikbud)

Sonora.ID - Tes wawancara PPG Prajabatan menjadi tahap ketiga dari seleksi mahasiswa PPG (Pendidikan Profesi Guru) Prajabatan di tahun 2023 ini.

Menurut jadwal tes wawancara PPG Prajabatan akan digelar pada tanggal 7 Agustus 2023 hingga 1 September 2023.

Tes ini akan dilaksanakan secara daring atau online. Meski dilaksanakan secara daring, para peserta diharapkan tetap mempersiapkan diri dengan baik.

Kisi-Kisi Seleksi Wawancara PPG Prajabatan

Ada beberapa kompetensi peserta yang diukur dalam seleksi wawancara PPG Prajabatan ini. Berikut kisi-kisinya:

Kompetensi yang diukur:

  • Building positive working relationship: mengembangkan dan menggunakan hubungan kolaboratif untuk memfasilitasi pencapaian tujuan kerja sebagai pengajar.
  • Coaching: melibatkan diri dan berkomitmen dalam proses mengembangkan perilaku, keterampilan, atau pengetahuan khusus yang dibutuhkan coachee (peserta didik, rekan kerja, pengajar, atau orang lain) serta memastikan munculnya sikap positif dari coachee yang kelak membantu dan menunjangnya untuk sukses di masa depan.
  • Compelling communication: menyampaikan informasi dan gagasan secara jelas dan ringkas kepada individu/kelompok; berkomunikasi dengan cara yang terfokus dan menarik untuk mempertahankan perhatian orang lain.
  • Continuous learning: sadar akan area kekuatan dan yang perlu untuk diperbaiki dan juga aktif untuk menemukan cara-cara efektif untuk terus memperbaiki diri dan mengembangkan, melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus-menerus.
  • Decision making: mampu memahami dan mampu mengidentifikasi masalah/peluang dengan pengumpulan data analisa yang dibuat secara konsisten dan tepat waktu sesuai dengan fakta.
  • Ethical maturity: kematangan emosi dalam berkarya melalui kejujuran dan juga melalui keterbukaan, berperilaku dengan kebijaksanaan serta kasih sayang selaras antara perkataan dengan tindakan dan sesuai dengan petunjuk moral, spiritual nilai, etika profesi, dan kebijakan yang ada.
  • Managing work: mampu mengatur waktu dan juga mengatur sumber daya yang ada untuk memastikan bahwa pekerjaan yang ada sudah diselesaikan secara efisien.
  • Mission/purpose: panggilan hidup sebagai seorang pendidik yang berdampak secara luas dan positif untuk peserta maupun lingkungan sekitar.
  • Resilience: terus berupaya, berfokus dan juga positif saat mencapai tujuan yang ingin dicapai dan juga bangkit kembali saat menghadapi kegagalan untuk mencapai tujuan.
  • Valuing differences: bekerja secara efektif dengan siswa yang memiliki beragam budaya, kemampuan, gaya interpersonal, latar belakang, motivasi, mencari dan menggunakan kemampuan unik, wawasan baru serta ide-ide dari individu yang berbeda.

Baca Juga: 50 Contoh Soal Tes Substantif PPG Prajabatan 2023 Literasi dan Numerasi Disertai Jawabannya

Contoh Soal Tes Seleksi Wawancara PPG Prajabatan 2023 dan Jawabannya

Berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh soal tes seleksi wawancara PPG Prajabatan 2023 yang sesuai kisi-kisi dan jawabannya, dikutip dari berbagai sumber.

Soal 1

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm