Panitia Larang Kelompok Rentan dan Anak-anak Ikuti Jalan Sehat Anti Mager

4 Agustus 2023 19:30 WIB
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat melepas Jalan Sehat Anti Mager beberapa waktu lalu. Kegiatan yang sama akan kembali digelar dengan jumlah peserta ratusan ribu orang.
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat melepas Jalan Sehat Anti Mager beberapa waktu lalu. Kegiatan yang sama akan kembali digelar dengan jumlah peserta ratusan ribu orang. ( Dok Humas Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Jalan sehat bertajuk Anti Mager memperingati Hari Jadi Sulsel ke-354 akan digelar Minggu, 6 Agustus 2023. Kegiatan akbar tersebut diprediksi akan menjadi lautan manusia. Betapa tidak, panitia menargetkan peserta sebanyak 250 ribu orang.

Panitia baik dari Pemprov Sulsel maupun IKA Unhas menggelar rapat pemantapan jalan sehat Anti Mager agar acara tersebut berjalan lancar. Rapat itu tak hanya membahas rangkaian acara, namun yang tak kalah penting adalah aspek keamanan selama acara berlangsung.

Panitia Anti Mager IKA Unhas, Andi Taufik mengatakan, secara teknis pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh aparat pengamanan. Mulai dari dari TNI-POLRI, bahkan Satpol PP Sulsel juga disiagakan.

Baca Juga: Datangi Makassar, Pemkot Tarakan Pelajari Sistem Perpajakan PAKINTA

“Kami sudah rapat di Polrestabes, Dandim, juga sudah audiensi dengan panglima, untuk sisi keamanan dapat dukungan karena masyarakat Sulsel ingin bergembira merayakan hari jadi,“ sebutnya kepada awak media saat di kantor Gubernur Sulsel, Jumat (4/8/2023).

Setelah berkoordinasi dengan aparat keamanan, pihaknya pun menyepakati untuk melarang dan mengimbau kelompok rentan seperti lansia dan ibu hamil tidak mengikuti jalan sehat tersebut.

Termasuk anak-anak di bawah umur 10 tahun. Menurut Taufik, keputusan itu diambil sebagai langkah antisipasi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita menghimbau yang miliki anak dibawah 10 tahun, Kemudian kelompok rentan tidak untuk tidak ikuti kegiatan. Tidak usah datang karena ada kumpulan massa yang banyak,” paparnya.

Baca Juga: Hari Jadi Sulsel ke-354 Jadi Pesta Perpisahan Andi Sudiman Sulaiman

Ia pun membeberkan, animo masyarakat untuk ikut jalan sehat Anti Mager sangat besar. Ini ditandai jumlah pendaftar yang terus membludak, baik secara online melalui laman yang telah disiapkan oleh Pemprov Sulsel maupun secara offline melalui kupon.

“Perhari ini sudah 61 ribu daftar online. Secara offline kita bagi kupon. Ada kelompok masyarakat tidak bisa apply jadi bagikan manual. Kita masuk ke kecamatan. Ini kegiatan olahraga yang gembira. Semua dimensi aspek diberikan terutama masyarakat di street level yang tidak bisa online,”ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia HUT Sulsel ke-354 tahun, Ahmadi Akil menambahkan, pihaknya telah menyiapkan posko kesehatan di beberapa titik yang menjadi rute jalan sehat Anti Mager nantinya. “Jadi sepanjang jalan itu ada 17 Posko kesehatan yang kita siapkan di setiap akses jalan yang dilalui,” sebutnya. 

Adapun rute jalan sehat Anti Mager dimulai dari depan rumah jabatan Gubernur Sulsel jalan Jenderal Sudirman kemudian menuju Jalan Haji Bau, Jalan Penghibur, jalan Ujung Pandang, Jalan Riburane, Jalan Ahmad Yani dan kembali ke jalan Sudirman.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm