7 Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus Singkat, Menarik dan Mudah Dihafal

8 Agustus 2023 14:00 WIB
7 Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus Singkat, Menarik dan Mudah Dihafal
7 Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus Singkat, Menarik dan Mudah Dihafal ( freepik.com)

Sonora.ID – Berikut ini contoh pidato kemerdekaan 17 Agustus singkat, menarik, dan mudah dihafal.

Pidato kemerdekaan 17 Agustus ini biasanya disampaikan pada saat pelaksaan upacara hari kemerdekaan.

Teks pidato sambutan harus diucapkan dengan kalimat yang padat dan jelas. Oleh sebab itu, mempersiapkan teks pidato dengan matang bisa dilakukan.

Berikut Sonora.ID merangkum contoh pidato kemerdekaan 17 Agustus berikut ini:

Contoh 1

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang berbahagia,

Dalam memperingati HUT RI yang ke 78 ini telah banyak pendapat dan komentar telah diluncurkan di berbagai media massa tentang makna kemerdekaan. Umumnya, mereka menyatakan, bahwa secara fisik, Indonesia memang telah merdeka, namun ditinjau dari nilai hakikat kemerdekaan, maka tujuan kemerdekaan itu sendiri masih jauh dari harapan.

Agar kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan dapat kita lestarikan maka kita harus memiliki. Pertama, karakter kompetitif. Karakter yang memiliki esensi sebuah mentalitas dan watak yang mendorong adanya semangat belajar yang tinggi. Pembudayaan karakter ini akan mendorong minat untuk terus melakukan pembelajaran dalam memahami sekaligus mengatasi persoalan yang dihadapi.

Kedua, karakter inovatif, adalah watak dan mentalitas yang selalu mendorong kita dalam melakukan inovasi-inovasi baru pada berbagai hal. Pada hakekatnya inovasi hanya dapat diciptakan setelah melalui serangkaian proses belajar secara kolektif, atau lazim dikenal dengan learning curve.

Bangsa yang maju dan modern memiliki sejumlah learning curve yang dapat menjadi dasar bagi tumbuh dan berkembangnya proses inovasi. Mentalitas inovasi tidak lepas dari proses belajar, termasuk belajar dari kesalahan dan kegagalan di masa lalu.

Semoga dengan upacara hari ulang tahun kemerdekaan ke-78, kita semua bisa meneladani karakter-karakter terbaik para pahlawan. Merdeka!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga: 3 Contoh Pidato Bahasa Sunda tentang 17 Agustus, Singkat namun Dapat Bangkitkan Semangat!

Contoh 2

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, dan Salam Sejahtera bagi kita semua.

Tidak terasa kemerdekaan negara kita yang diperoleh melalui perjuangan dengan tetesan darah para Pahlawan Kusuma Bangsa yang rela mengorbankan jiwa dan raganya melawan penjajah telah mencapai usia 78 tahun.

Kemerdekaan yang kita raih tidaklah mudah, membutuhkan perjuangan yang sangat berat dan panjang melawan penjajahan. Oleh karena itu, kemerdekaan bukanlah akhir dari sebuah perjuangan. Kemerdekaan merupakan 'Jembatan Emas' menuju cita-cita bangsa, yaitu masyarakat yang sejahtera, berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Tugas kita sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat adalah terus mempertahankan kemerdekaan itu dalam persatuan dan kesatuan bangsa, dengan terus membangun di semua bidang agar terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia dapat tercapai.

Selanjutnya dalam kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita tingkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, mari kita pelihara dan kembangkan sikap toleransi dan saling menghormati di masyarakat, terutama antara pemeluk agama dan antar suku sehingga suasana kedamaian dan kondusif selalu terjaga dan terbina di lingkungan masyarakat sebagaimana semboyan "Bhineka Tunggal Ika".

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melimpahkan rahmat, karunia, dan ridhonya kepada kita semua dalam membangun bangsa dan negara kita menjadi bangsa yang besar, maju, demokratis, berkeadilan, dan bermartabat.

Jayalah Indonesiaku! Merdeka!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 Contoh 3

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm