15 Contoh Teks Pidato Persuasif Kelas 9 yang Singkat dan Beragam Tema

1 Agustus 2023 22:05 WIB
Contoh teks pidato persuasif kelas 9 yang singkat, pendek, beragam tema, dan sesuai struktur.
Contoh teks pidato persuasif kelas 9 yang singkat, pendek, beragam tema, dan sesuai struktur. ( Pexels)

Sonora.ID - Pidato dibagi menjadi beberapa jenis seperti pidato narasi, deskripsi, argumentasi, dan persuasi.

Dalam artikel ini kita akan secara khusus belajar mengenai contoh pidato persuasif dalam bahasa Indonesia yang sesuai struktur sebagai salah satu materi untuk kelas 9.

Apa itu pidato persuasif? Pidato persuasif merupakan jenis pidato yang bertujuan untuk memengaruhi pendengar agar melakukan anjuran oleh orator.

Isi pidato persuasif berupa gagasan, saran, arahan, dan pesan yang akan disampaikan kepada pendengar agar mengikuti.

Baca Juga: 5 Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba Singkat dan Penjelasannya

Struktur Teks Pidato Persuasif

Struktur teks pidato persuasif terdiri atas tiga bagian, yakni pembukaan, isi pidato, dan bagian penutup, dikutip dari buku Belajar Bahasa Indonesia.

(1) Bagian pembukaan

Bagian pembukaan pidato berupa salam pembuka, ucapan sapaan, dan ucapan syukur.

(2) Bagian isi pidato

Bagian isi merupakan inti pidato yang berisi gagasan, pandangan, arahan, dan pesan pidato. Pembicara menjelaskan secara rinci tentang hal-hal yang akan disampaikan disertai data-data yang mendukung.

(3) Bagian penutup

Penutup pidato merupakan bagian akhir suatu pidato. Pada bagian ini berisi harapan, permohonan maaf kepada pendengar, ucapan terima kasih, dan salam penutup.

Berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh teks pidato persuasif kelas 9 yang singkat, pendek, sesuai struktur, dan beragam tema, dikutip dari berbagai sumber.

Contoh Teks Pidato Persuasif Kelas 9 yang Singkat dan Beragam Tema

Contoh 1

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang saya hormati,

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita dapat berkumpul pada acara hari ini. Pada kesempatan ini perkenankanlah saya menyampaikan materi tentang kebersihan lingkungan sekolah.

Lingkungan di sekitar kita seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak lagi nyaman. Apalagi sekolah kita ini yang menjadi tempat setiap hari kita singgahi untuk menuntut ilmu. Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah.

Saya sebagai bagian dari sekolah ini berharap akan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah ini. Setiap kelas memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Setiap siswa yang memiliki jadwal piket, sudah sepatutnya mereka selalu datang lebih awal sehingga ketika pelajaran pertama sudah dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati. 

Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Disediakannya tong sampah pasti selalu beralasan yaitu agar kita selalu membuang sampah pada tempatnya sehingga sekolah kita tidak seperti lapangan sepakbola yang habis digunakan sebagai konser, ada banyak sampah yang tak sedap dipandang mata.

Hadirin yang saya hormati, akhirnya, seperti halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan adalah bagian dari iman, meski konteks ajaran tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita lingkungan sekolah. semua akan kebersihan

Ayo, kita jaga kebersihan lingkungan. Demikian pidato dari saya, terima kasih atas perhatian teman-teman mohon maaf jika ada kesalahan. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh 2

Menjaga Kebersihan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang mana telah memberikan nikmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada hari ini.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm