Puan Bertemu Ketua Parlemen Brunei Brunei Darussalam, Bahas Produk UMKM dan IKN

9 Agustus 2023 13:45 WIB
Puan Maharani melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Negara Brunei Darussalam, Pehin Dato Abdul Rahman Taib.
Puan Maharani melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Negara Brunei Darussalam, Pehin Dato Abdul Rahman Taib. ( Dok. Media Ketua DPR)

Sonora.ID - Selain dengan Ketua Parlemen Maroko, hari ini Ketua DPR RI yang juga Presiden Inter Parliamentary Assembly (AIPA) 2023, Puan Maharani juga melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Negara Brunei Darussalam, Pehin Dato Abdul Rahman Taib.

Dalam pertemuan tersebut, Puan mendorong produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia agar bisa diekspor langsung ke Brunei Darussalam tanpa perantara negara ketiga.

"Dalam rangka meningkatkan hubungan perdagangan, saya berharap Indonesia dapat mengekspor produk-produk perdagangannya secara langsung ke Brunei. Mengingat saat ini sebagian besar ekspor Indonesia ke Brunei melalui negara ketiga seperti Singapura, Malaysia, bahkan Tiongkok," ungkap Puan. 

Selain Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris dan Wakil Ketua Badan Kerja Sama Parlemen (BKSAP) DPR RI, Anggota Komisi IX DPR RI Arzeti Bilbina juga ikut mendampingi Puan dalam pertemuannya dengan delegasi Brunei Darussalam.

Sedangkan Pehin Dato Abdul Rahman Taib didampingi oleh Sekretaris Dewan Menteri Kabinet dan Panitera ke Dewan Legislatif Dato Judin Asar.

Baca Juga: Bilateral Meeting, Puan dan Ketua Parlemen Maroko Sepakat Dorong Kemerdekaan Palestina

Bersama keduanya, Puan dan anggota DPR RI membahas sejumlah peluang peningkatan kerja sama kedua negara di bidang perdagangan, ekonomi dan investasi. 

Saat ini, sejumlah investor dari Brunei diketahui tertarik untuk mengembangkan investasi dalam proyek Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia di Kalimantan Timur, mengingat lokasinya yang berdekatan.

Puan berharap, parlemen kedua negara dapat membantu perwujudan kerja sama tersebut.

"Saya menyambut baik keinginan pengusaha Brunei, yang saya dengar, tertarik ingin berinvestasi pada proyek renewable energy dan infrastruktur di IKN," jelasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm