Menko PMK Ajak Perempuan Cegah Stunting dan Anemia Demi Generasi Unggul

11 Agustus 2023 14:15 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy dalam agenda Rapat Kerja Nasional dengan tema "Menguatkan Semangat Kolaborasi dalam Pelayanan Pendidikan Aisyiyah Berkemajuan di Abad Kedua Muhammadiyah dan Aisyiyah" yang digelar oleh Majelis PAUD, Dasar dan Menengah Pengurus Pusat Aisyiyah, di Hotel Balairung Jakarta, pada Kamis (10/8).
Menko PMK Muhadjir Effendy dalam agenda Rapat Kerja Nasional dengan tema "Menguatkan Semangat Kolaborasi dalam Pelayanan Pendidikan Aisyiyah Berkemajuan di Abad Kedua Muhammadiyah dan Aisyiyah" yang digelar oleh Majelis PAUD, Dasar dan Menengah Pengurus Pusat Aisyiyah, di Hotel Balairung Jakarta, pada Kamis (10/8). ( Biro Humas Menko PMK)

Sonora.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, perempuan memiliki peran yang sangat strategis dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

Hal itu berkaitan dengan kesiapan perempuan dalam menyiapkan diri untuk melahirkan janin yang sehat.

“Aisyiah sebagai lembaga besar harus bisa ikut ambil bagian dalam mencegah kelahiran bayi stunting melalui lembaga pendidikan dan dakwah yang dimiliki,” ujar Muhadjir saat menjadi narasumber dalam agenda Rapat Kerja Nasional dengan tema "Menguatkan Semangat Kolaborasi dalam Pelayanan Pendidikan Aisyiyah Berkemajuan di Abad Kedua Muhammadiyah dan Aisyiyah" yang digelar oleh Majelis PAUD, Dasar dan Menengah Pengurus Pusat Aisyiyah, di Hotel Balairung Jakarta, pada Kamis (10/8).

Muhadjir menambahkan, kondisi kesehatan remaja perempuan harus dijaga agar tidak mengalami anemia.

Sambil menunjuk desain besar siklus pembangunan manusia dan kebudayaan, Ia mengatakan bahwa upaya ini turut berperan dalam mencegah terjadinya stunting terhadap bayi yang nantinya akan dikandung.

Baca Juga: Busana dan Tarian Minahasa Pukau Masyarakat Jepang di Indonesia Japan Friendship Day 2023

Ia juga mendorong Aisyiyah untuk dapat berperan aktif dalam pembangunan sumber daya manusia di daerahnya masing-masing melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah yang memiliki anggaran untuk penanganan stunting.

“Harus bisa lebih terbuka dan aktif, harus bisa berkolaborasi dengan Pemda dengan program Aisyiyah di wilayahnya masing-masing. Itu upaya kongkret, amal jariyahnya besar karena menentukan generasi hingga 20-30 tahun mendatang,” ujar Muhadjir seraya memberikan semangat kepada para kader Aisyiyah.

Selain itu, upaya dalam membentuk Taman Kanak-Kanak (TK) yang holistik juga tidak luput dari perhatian Muhadjir. Menurutnya sekolah TK memiliki peranan penting dan menjadi pondasi dasar membentuk kecerdasan dan perkembangan otak anak diusia dini.

“Kita ingin membentuk anak usia emas dari semua sisi, kecerdasan otak, mental, dan spiritual harus dikerjakan bersama-sama,” imbuhnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm