Diskominfo Landak Launching Pengintegrasian Chatbot pada Website PPID

12 Agustus 2023 13:25 WIB
( Diskominfo Kab. Landak)

Landak, Sonora.ID - Diskominfo Kabupaten Landak melalui Bidang Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik mengadakan Sosialisasi Optimalisasi Pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Diskominfo Kab. Landak sekaligus melaunching Pengintegrasian Chatbot pada Website PPID. Acara tersebut dibuka oleh Pj. Bupati Landak Samuel dan dilaksanakan di Aula Dinas PUPRPERA Kabupaten Landak, Kamis (10/08/2023).

Beberapa undangan yang datang diantaranya, Ketua Komisi Informasi Kalimantan Barat, Komisioner Komisi Informasi Kalimantan Barat Koordinator Bidang Kerjasama & Hubungan Antar Lembaga, Asisten Administrasi Umum Setda Landak, Perwakilan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Landak, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak atau yang mewakili, Camat se Kabupaten Landak atau yang mewakili, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Diskominfo (PPID) di setiap OPD, Badan, dan Kantor Camat di lingkungan Pemkab Landak, Kepala Desa Hilir Kantor, Kepala Desa Amboyo Inti, Kepala Desa Pawis, Kepala Desa Amboyo Utara, Bumdes Amboyo Utara, Bumdes Hilir Kantor.

Pj. Bupati Landak Samuel dalam sambutannya, menyambut baik kegiatan ini dimana kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman lebih luas melalui narasumber untuk memberikan informasi publik kepada Masyarakat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Di era digitalisasi dan kemajuan teknologi Masyarakat sudah mulai memanfaatkan dan memerlukan informasi publik dari pemerintah daerah dan kita berkewajiban untuk memberikan informasi tersebut,” ujar Samuel.

Samuel mengatakan lagi tentunya dalam memberikan informasi publik harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Pemberantasan Sarang Nyamuk Jadi Prioritas Cegah DBD Menyebar

“Hal ini bertujuan agar tidak menjadi salah interpretasi serta salah persepsi dan juga agar tertib. Memang hak masyarakat untuk mendapatkan informasi publik, tetapi tidak sedikit juga masyarakat atau oknum-oknum tertentu yang bertujuan untuk memanfaatkan informasi itu untuk memperoleh keuntungan pribadi atau kelompok atau juga bertujuan untuk mendiskreditkan pihak-pihak tertentu. Maka dari itu kita harus jeli dan cermat tentu nanti dalam penyampaian materi ini ada koridor-koridor yang harus di perhatikan,” ucap Samuel.

Samuel menuturkan melalui kegiatan ini kita bisa mendapatkan pendampingan dari Komisi Informasi (KI) untuk memberikan masukan-masukan dan kaidah-kaidah supaya kita bisa melaksanakan kewajiban kita tanpa harus mengabaikan apa yang harus dirahasiakan dan apa yang harus kita batasi.

“Kegiatan ini saya anggap sangat strategis karena ini tidak terlepas dari sejarah Keterbukaan Informasi Publik. Kalau dulu memang mungkin terbatas karena keterbatasan teknologi dan sarana komunikasi sehingga permintaan data bisa saja tidak kita penuhi. Sekarang jika ada pihak, organisasi atau institusi yang meminta data tidak ditindaklanjuti dalam jangka waktu tertentu, biasanya akan berlanjut ke pengaduan ke KI hingga menjadi sengketa. Jika kita tidak cermat mungkin bisa ke tingkat yang lebih lanjut. Namun Puji Tuhan kita selama ini masih belum ada terjadi seperti itu,” ungkapnya.

Pesannya Pj Bupati Landak kepada peserta agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Aktif dalam berdiskusi dan menyimak, jika nanti ada yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan kepada narasumber dari KI yang sudah memahami betul terkait informasi publik tersebut.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm