Grebek Suro Paguyuban Jawa Dibuka Langsung Oleh Pj Bupati Landak

14 Agustus 2023 13:15 WIB
( Diskominfo Kab. Landak)

Landak, Sonora.ID - Acara Grebek Suro yang merupakan tradisi budaya tahunan masyarakat Jawa, dibuka langsung oleh Pj. Bupati Landak, Samuel, yang diselenggarakan oleh Paguyuban Jawa Kabupaten Landak, Sabtu (12/08/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung di Kilometer 9 Jalan Raya Ngabang Pontianak Desa Amboyo Inti, Kecamatan Ngabang tersebut dihadiri langsung Pj. Bupati Landak, Kapolres Landak, sejumlah pejabat, tokoh adat dan pengurus Paguyuban Jawa Kabupaten Landak.

Pada kesempatan itu Pj. Bupati Landak Samuel mengatakan bahwa grebeg suro adalah tradisi budaya tahunan masyarakat Jawa dalam wujud pesta rakyat, dan bentuk dari ungkapan rasa syukur atas limpahan berkat panen dan rejeki di tahun lalu. 

"Saya sangat berterimakasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan grebeg suro, dimana dengan adanya kegiatan ini masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Landak mengenalkan tradisi Jawa kepada masyarakat yang akan semakin menambah keberagaman suku yang ada di Kabupaten Landak dan akan menguatkan rasa kebhinekaan tunggal ika, walaupun kita dari berbagai suku namun kita tetap satu di bawah NKRI," ujarnyanya.

Baca Juga: Trie dan Gita Keluar Sebagai Bujang Dare 2023

Menurut Samuel pengaruh era globalisasi dan modernisasi yang dimotori oleh teknologi informasi memberikan dampak yang positif bagi kehidupan masyarakat, pengaruh ini juga memberikan kontribusi bagi penerapan norma-norma agama, nilai-nilai akhlak dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

"Untuk itulah pemerintah Kabupaten Landak menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini dalam rangka pelestarian salah satu cagar budaya yang ada di Indonesia," ungkapnya.

Samuel berharap kegiatan ini dapat memperbaiki sikap mental dan perilaku individu untuk mewujudkan tatanan masyarakat Landak yang mandiri, berprestasi yang madani, membawa berkah pada masyarakat, dan kepada semua sehingga dapat menjadi amal ibadah.

"Saya atas nama pemerintah Kabupaten Landak mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendukung kebijakan dan program pemerintah sehingga perubahan yang lebih baik dapat terwujud demi kesejahteraan bersama," katanya.

Samuel berpesan agar semua masyarakat menghargai keberagaman kemudian menjunjung tinggi keagamaan dan kebangsaan dalam menyambut tahun politik di pemiku 2024 menjadi pemilu yang damai di Kab. Landak.

Baca Juga: Pentingnya Perhatian Terhadap Hulu Produksi Kopi

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm