Hari Pramuka ke-62, Wujudkan SDM yang Profesional

14 Agustus 2023 19:45 WIB
Peringatan Hari Pramuka ke-62 di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat.
Peringatan Hari Pramuka ke-62 di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat. ( Adpim)

Pontianak, Sonora.ID - Tepat setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka, dan untuk tahun ini merupakan Hari Pramuka yang ke-62 Tahun 2023. Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., bersama Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M.M.H., dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., hadir pada Upacara peringatan Hari Pramuka ke-62, di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat. Senin (14/8/2023).

Saat membacakan Sambutan Ketua Kwartir Nasional Komjen Budi Waseso, Gubernur Kalbar mengungkapkan pada Peringatan Gerakan Pramuka ke- 62 Tahun 2023 ini, juga sekaligus kita Memperingati 111 tahun Keberadaan Gerakan Kepanduan di Bumi Indonesia yang telah ada sejak Tahun 1912.

"Kita perlu mengucapkan banyak terima kasih Kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa atas nikmat dan berkahNya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu Masyarakat dan Program-program Pemerintahan, serta menangani Pendidikan Non Formal dalam pembentukan karakter", tuturnya.

Baca Juga: Sambut HUT RI ke-78,Pelindo Grup Ikut Kegiatan KSOP Kelas II Pontianak

Untuk tahun ini tema yang diangkat pada Peringatan Gerakan Pramuka ke- 62 Tahun 2023 adalah, "Dengan Peringatan Hari Pramuka ke- 62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan", tema tersebut menunjukkan Semangat  Gerakan Pramuka untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang lebih Profesional, disamping itu wawasan kebangsaan menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, cinta tanah air dan Semangat Bela Negara.

Tahun ini juga akan dilaksanakan sejumlah Kegiatan Nasional diantaranya, Kegiatan Raimuna Nasional, Perkemahan Bhakti Satuan Karya atau PERTISAKA, Bhakti Husada Tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putra - Putri Nasional, Serta Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Di Banda Aceh Provinsi Aceh.

"Marilah kita bersama-sama mendukung dan mensukseskan kegiatan tersebut", ajak Ketua Kwarnas yang dibacakan Gubernur Kalbar.

Setelah acara berlangsung, Gubernur Kalimantan Barat menjelaskan bahwa diperlukan kejujuran dan kedisiplinan dan terus mengasah kemampuan di segala aspek, sesuai dengan sambutan Ketua Kwartir Nasional tentang bagaimana meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia melalui Pramuka.

"Ini merupakan tantangan bagi para Pembina dan lain sebagainya supaya bisa membekali Pramuka itu dengan Skill-Skill yang baik dan dibutuhkan oleh negara ketika terjadi bencana, dalam pembangunan dan lain sebagainya", imbuhnya.

 Baca Juga: Binus Hadirkan SATU UNIVERSITY di Bandung dan Pontianak Sebagai Kampus Berkualitas dengan Biaya Kuliah Bersubsidi

Pada upacara tersebut juga diberikan Penganugerahan tanda penghargaan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka berupa Lencana Dharma Bhakti, diberikan kepada 16 orang tokoh-tokoh yang memiliki kontribusi dan berjasa dalam Pembinaan Gerakan Pramuka diantaranya :
Hj. Erlina, S.H., yang juga merupakan Bupati Mempawah, Drs. Hendry Jurnawan, S.H., S.IP., M.M., Ir. H. Muhammad Asfahani Arsyad, M.M., Makmur H. Ma'ruf, AKBP Purn. Syarifah Salbiyah, Drs. H. Dailami, M.Si, Mansyur, S.Ag, M.Pd, Raden Firman Budi Santosa, S.Pd., M.H., Dr. Firdaus Zairin, S.Pd., M.Si., Muhammad Pagi, S.Hi., M.M., drg. Trisnawati, M.M., Yohanes Baptista, M.Pd., CHT, CT, Dini Eka Wahyuni, S.STP., M.T., Muhammad Fadli, Gatot Widodo, S.Kom serta Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar dr. Harisson, M.Kes.

Upacara pada Peringatan Gerakan Pramuka ke- 62 Tahun 2023, turut dihadiri oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Abdullah Alqadrie beserta jajarannya, Bupati Mempawah, dan Wakil Bupati Mempawah, Perwakilan Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga: Aktivitas Akhir Pekan Wali Kota Pontianak, Dimulai dengan Olahraga

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm