70 Contoh Caption Kemerdekaan HUT ke 78 RI: Semangat Nasionalisme!

16 Agustus 2023 10:00 WIB
Contoh caption Kemerdekaan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) untuk tanggal 17 Agustus 2023.
Contoh caption Kemerdekaan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) untuk tanggal 17 Agustus 2023. ( Kemensetneg RI)

Sonora.ID - Tanggal 17 Agustus menjadi tanggal yang istimewa bagi masyarakat Indonesia karena pada tanggal tersebutlah Indonesia merdeka.

Di tahun 2023 ini pun masyarakat Indonesia akan secara serentak merayakan Hari Kemerdekaan atau HUT ke-78 Republik Indonesia (RI).

Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk merayakan peringatan bersejarah ini, misalnya, dengan mengunggah berbagai momen 17 Agustus di media sosial.

Unggahan baik berupa foto maupun video tersebut biasanya juga diikuti dengan caption Kemerdekaan yang menggelorakan semangat nasionalisme.

Berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh kata-kata, quotes, caption untuk merayakan Hari Kemerdekaan atau HUT ke-78 Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus 2023, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Susunan Upacara 17 Agustus 2023 HUT ke 78 RI di Sekolah Sesuai Pedoman

Contoh Caption Kemerdekaan HUT ke 78 RI

Bahasa Indonesia

  1. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya."- Sutan Syahrir.
  2. "Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga."- Jenderal Soedirman.
  3. "Kemerdekaan adalah jembatan emas, jembatan inilah yang leluasa menyusun masyarakat Indonesia merdeka yang gagah, kuat, sehat, kekal, dan abadi."- Soekarno.
  4. "Bahwa kemerdekaan satu negara, yang didirikan diatas timbunan runtuhan ribuan jiwa-harta-benda dari rakyat dan bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia siapapun juga." - Jenderal Soedirman.
  5. "Manakala suatu bangsa telah sanggup mempertahankan negerinya dengan darahnya sendiri, dengan dagingnya sendiri, pada saat itu bangsa itu telah masak untuk kemerdekaan."- Soekarno.
  6.  "Di mana ada kemerdekaan disitulah harus ada disiplin yang kuat. Sungguhpun disiplin itu bersifat self disiplin, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka." Ki Hadjar Dewantara.
  7. Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta dan luka di sana. Ada tempat bertualang dan tempat pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku.
  8. Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas.  Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas. Selamat HUT ke-78 RI. Terus Melaju Untuk Indonesia Maju!
  9. Mari kita ingat semua pahlawan masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita.
  10. 17 Agustus itu Bukan hanya sekedar Balap Karung saja Main Petasan, Atau Konvoi berkeliling kota. Tetapi, 17 agustus itu Persatuan bangsa, mengenang para pahlawan. Bendera merah putih harus terus berkibar di tanah pertiwi.
  11. Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan ke-78 RI. 
  12. Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa. 
  13. Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketidakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu ke-78 Indonesiaku. 
  14. Hari ini adalah hari dimana kita menghormati bangsa kita yang indah. 
  15. Kita telah melakukan banyak hal untuk membangun budaya dan warisan kita sendiri, jadi mari kita rayakan hari ini. 
  16. Semoga Hari Kemerdekaan ke-78 RI ini istimewa untuk Anda dan orang yang Anda cintai. 
  17. Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan. 
  18. Jayalah Indonesiaku, merdeka ke 78 tahun, Berkibarlah sang saka merah putih, Gema seabad silam bangsa Inggris datang meredah Pahang dengan peluru bersama senapan membunuh menangkap setiap pejuang, sekarang Indonesia bebas lepas dari penjajah, Merdeka.
  19. Menang bukan berarti berhasil menduduki sebuah kursi kekuasaan. Menang bukan berarti berhasil menumbangkan banyak lawan. Menang adalah ketika kita bisa merangkul segala perbedaan. Menang adalah ketika kita bisa membangkitkan kembali semangat juang. Menang adalah ketika kita bisa melakukan perubahan.
  20. Kemerdekaan ini tidaklah didapat dengan mudah. Kemerdekaan ini bukanlah sebuah hadiah dari penjajah secara cuma-cuma. Kemerdekaan indonesia adalah sebuah bukti bahwa perjuangan tidak akan mengkhianati hasil yang di dapat. Kemerdekaan indonesia adalah saksi bahwa menyerah hanya untuk orang-orang yang jiwanya kalah. Semoga Indonesia selalu merdeka. Dirgahayu Republik indonesia.
  21. Rayakanlah kemerdekaan yang dimenangkan dengan susah payah, hargailah pendiri tanah air Anda, dan kita bebas dari pemerintahan asing ... Selamat 17 Agustus!
  22. Kita berhutang budi kepada pahlawan nasional yang kehilangan nyawa dalam pertempuran demi kemerdekaan. Selamat hari kemerdekaan yang luar biasa!
  23. Hari kemerdekaan ini bukan hadiah dari Belanda, tapi ini adalah perjuangan dan darah para pahlawan. Selamat hari kemerdekaan.
  24. Perjuangan masa lalu lebih mudah karena kalian saat ini berjuang bukan melawan para penjajah tapi susahnya karena kalian berjuang melawan diri kalian sendiri. Selamat hari kemerdekaan.
  25. Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras, Selamat hari kemerdekaan yang ke-78 tahun RI untuk rakyat Indonesia.
  26. Selamat ulang tahun yang ke-78, Indonesia! Semangat kemerdekaanmu terus membara dan menginspirasi generasi muda.
  27. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-78! Mari kita jaga semangat kemerdekaan dengan tekad dan kerja keras.
  28. 78 tahun kemerdekaan, Indonesia! Mari terus membangun negeri dengan semangat juang yang tak pernah padam.
  29. Merdeka! 78 tahun Indonesia berkibar dengan semangat kebebasan. Mari terus berjuang untuk masa depan yang lebih baik.
  30. Hari ini kita merayakan 78 tahun kemerdekaan Indonesia. Mari kita lanjutkan perjuangan untuk kemajuan bangsa.
  31. Selamat Hari Ulang Tahun ke-78, Republik Indonesia! Mari kita perkuat semangat nasionalisme dan cintakan tanah air.
  32. 78 tahun perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mari kita terus memupuk semangat persatuan dan kesatuan.
  33. Bangga merayakan HUT ke-78 RI. Marilah kita terus menghargai dan merawat semangat kemerdekaan ini.
  34. 78 tahun Indonesia merdeka! Mari kita jadikan momentum ini untuk lebih berkontribusi dalam pembangunan bangsa.
  35. Semangat persatuan terus dikobarkan, 78 tahun Indonesia merdeka semoga jadi momentum kebangkitan kita semua! Dirgahayu Indonesiaku! 

Bahasa Inggris

  1. As the Red and White flag flies high, let's remember the sacrifices of our heroes. Happy Independence Day! (Ketika bendera Merah Putih berkibar tinggi, mari ingat pengorbanan para pahlawan kita. Selamat Hari Kemerdekaan!)
  2. Freedom is the most precious gift for a nation. Happy 78th Independence Day, Indonesia! (Kebebasan adalah hadiah paling berharga bagi sebuah negara. Selamat Hari Kemerdekaan yang ke-76, Indonesia!)
  3. Today, let's celebrate the diverse cultures that make Indonesia unique. Happy Independence Day! (Hari ini, mari kita rayakan budaya-budaya beragam yang membuat Indonesia istimewa. Selamat Hari Kemerdekaan!)
  4. Happy 17th of August! A day of pride for all Indonesians (Selamat 17 Agustus! Sebuah hari kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia)
  5. Freedom is a result of countless sacrifices. Let's cherish it and work for a better future. Happy Independence Day! (Kebebasan adalah hasil dari pengorbanan tak terhitung. Mari hargai dan bekerja untuk masa depan yang lebih baik. Selamat Hari Kemerdekaan!)
  6. On this Independence Day, let's renew our commitment to the progress of Indonesia (Di Hari Kemerdekaan ini, mari perbaharui komitmen kita untuk kemajuan Indonesia)
  7. Happy Independence Day! Let's continue building a strong and united nation (Selamat Hari Kemerdekaan! Mari terus membangun bangsa yang kuat dan bersatu)
  8. As we celebrate freedom, let's also remember the responsibilities that come with it. (Ketika kita merayakan kebebasan, mari juga ingat tanggung jawab yang datang bersamanya)
  9. Independence is the foundation of progress. Happy 78th Independence Day, Indonesia! (Kemerdekaan adalah dasar dari kemajuan. Selamat Hari Kemerdekaan yang ke-78, Indonesia!)
  10. May the Indonesian spirit of unity and diversity continue to inspire us. Happy Independence Day! (Semoga semangat persatuan dan keragaman Indonesia terus menginspirasi kita. Selamat Hari Kemerdekaan!)
  11. Happy Independence Day, Republic of Indonesia! To be freedom or death! (Selamat Hari Kemerdekaan, Republik Indonesia! Merdeka atau Mati!)
  12. As we celebrate on this day, remember that no nation is perfect. It needs to be made perfect, happy independence day, proud to be an Indonesian (Sebagaimana kita rayakan pada hari ini, ingatlah bahwa tidak ada bangsa yang sempurna. Ia perlu dibuat sempurna, selamat hari kemerdekaan, bangga jadi orang Indonesia)
  13. May the spirit of nationalism and unity always guide Indonesia towards greatness. Happy Independence Day! (Semoga semangat nasionalisme dan persatuan selalu membimbing Indonesia menuju kebesaran. Selamat Hari Kemerdekaan!)
  14. Always keep the spirit of patriotism, glowing within you, proud to be Indonesian (Selalu jaga semangat patriotisme, bersinar dalam dirimu, bangga menjadi Indonesia)
  15. Long live Indonesia! May this nation continue to prosper and thrive. (Hiduplah Indonesia! Semoga negara ini terus berkembang dan makmur)
  16. By uniting we stand, by dividing we fall. Independence day is a good time to think about who we are and how we got here. God bless our country! (Dengan bersatu kita berdiri, terpecah kita jatuh. Hari kemerdekaan adalah waktu yang tepat untuk memikirkan siapa kita dan bagaimana kita sampai di sini. Tuhan memberkati negara kita!)
  17. August 17th is a day to celebrate our national spirit and unity. Happy Independence Day! (17 Agustus adalah hari untuk merayakan semangat dan persatuan bangsa kita. Selamat Hari Kemerdekaan!)
  18. On independence day, here's wishing your dreams of a new tomorrow come true. Now and always, happy independence day to you! (Pada hari kemerdekaan, inilah impian-impianmu tentang esok yang baru menjadi kenyataan. Sekarang dan selamanya, Selamat hari kemerdekaan!)
  19. Proud to be a part of a free Indonesia. Let's preserve and cherish this freedom. (Bangga menjadi bagian dari Indonesia yang merdeka. Mari kita lestarikan dan hargai kebebasan ini)
  20. Independence is a precious gift of God, may we always remain independent, a very happy independence day to you. (Kemerdekaan adalah anugerah Tuhan yang berharga, semoga kita selalu tetap merdeka, selamat hari kemerdekaan yang sangat membahagiakan)
  21. The Red and White flag flies high, our spirit remains unshaken. Happy Independence Day! (Bendera Merah Putih berkibar tinggi, semangat kita tetap tak tergoyahkan. Selamat Hari Kemerdekaan!)
  22. 18.000 islands, 34 provinces, more than 250 million citizens. Yes, it is Indonesia. Happy 78th birthday! (18.000 pulau, 34 provinsi, lebih dari 250 juta penduduk. Ya, itulah Indonesia. Selamat berulang tahun ke-78!)
  23. Together, let's build a better Indonesia. Happy 78th Independence Day! (Bersama-sama, mari kita bangun Indonesia yang lebih baik. Selamat Hari Kemerdekaan yang ke-78!)
  24. It's a day to celebrate and to cheer, the 17th of August is finally here! United all we stand And protect forever our nation! (Ini adalah hari untuk merayakan dan bersorak, tanggal 17 Agustus akhirnya tiba! Bersatu semua kita teguh Dan lindungi bangsa kita selamanya!)
  25. Under the banner of the Red and White, we unite and create. Happy Independence Day! (Di bawah panji Merah Putih, kita bersatu dan berkarya. Selamat Hari Kemerdekaan!)
  26. May this independence day fills your life happiness and prosperity (Semoga hari kemerdekaan ini memberi kebahagiaan dan kemakmuran untuk hidupmu).
  27. Let this independence be an inspiration to keep striving for a better future. (Biarkan kemerdekaan ini menjadi inspirasi untuk terus berjuang demi masa depan yang lebih baik)
  28. Today, we celebrate not only physical independence but also the freedom to think and create. (Hari ini, kita merayakan bukan hanya kemerdekaan fisik, tetapi juga kebebasan berpikir dan berkarya).
  29. The spirit of '45 still lives within us. Freedom forever! (Semangat tahun '45 masih hidup dalam diri kita. Merdeka selamanya!)
  30. Indonesia is home to diverse ethnicities, religions, and cultures. Let's maintain this harmony. Happy Independence Day! (Indonesia adalah rumah bagi berbagai suku, agama, dan budaya. Mari kita jaga keharmonisan ini. Selamat Hari Kemerdekaan!)
  31. We have a responsibility to protect and advance our nation. Happy 78th Independence Day! (Kita memiliki tanggung jawab untuk melindungi dan memajukan bangsa kita. Selamat Hari Kemerdekaan yang ke-78!)
  32. Let's celebrate this historic day with pride and gratitude for the achieved freedom. (Mari rayakan hari bersejarah ini dengan bangga dan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dicapai)
  33. Happy Independence Day to the wonderful people of Indonesia! May your nation continue to shine brightly. (Selamat Hari Kemerdekaan bagi masyarakat Indonesia yang luar biasa! Semoga negara kalian terus bersinar dengan cemerlang).
  34. Wishing Indonesia a day filled with joy, unity, and prosperity. Happy Independence Day! (Mengucapkan selamat kepada Indonesia atas hari yang penuh kebahagiaan, persatuan, dan kemakmuran. Selamat Hari Kemerdekaan!)
  35. Let's celebrate the spirit of freedom that binds us together. Happy Independence Day! (Mari rayakan semangat kebebasan yang mengikat kita bersama. Selamat Hari Kemerdekaan!)

Itulah beberapa caption Kemerdekaan HUT ke-78 RI dalam bahasa Indonesia dan Inggris sesuai tema yang dapat kamu gunakan.

Dirgahayu Indonesia! Terus Melaju Untuk Indonesia Maju!

Baca Juga: 5 Teks MC Malam Tirakatan 17 Agustus 2023 HUT ke 78 RI yang Sopan

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm