Unik dan Menarik, Warga Pakiskembar Gelar Upacara HUT ke-78 RI di Kali Sonto

17 Agustus 2023 11:15 WIB
 warga Desa Pakiskembar menggelar upacara pengibaran bendera yang dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat mulai dari siswa-siswi MI, MTS dan warga sekitar.
warga Desa Pakiskembar menggelar upacara pengibaran bendera yang dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat mulai dari siswa-siswi MI, MTS dan warga sekitar. ( )
 
 
Sonora.ID - Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia merupakan salah satu momentum sakral yang dirayakan oleh seluruh warga negara Indonesia.
 
Pada tahun 2023 ini usia kemerdekaan RI tepat berada di angka 78 tahun. Dengan tema besar “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” diharapkan dapat menumbuhkan semangat persatuan dan
kesatuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yaitu masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.
 
Semangat ini juga yang diadopsi oleh warga Desa Pakiskembar Kabupaten Malang Jawa Timur. Pasalnya warga RT 1,2,3 Desa Pakiskembar begitu antusias menyambut HUT ke-78 RI. Dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika para warga bersatu padu untuk mempersiapkan rangkaian kegiatan dalam memperingati hari kemerdekaan.
 
Tepat pukul 08.00 WIB, 17 Agustus 2023 warga Desa Pakiskembar menggelar upacara pengibaran bendera yang dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat mulai dari siswa-siswi MI, MTS dan warga sekitar. 
 
Uniknya kegiatan upacara digelar tepat di atas sungai atau kali. Kali Sonto yang secara administratif dan geografis merupakan bagian dari Desa Pakiskembar ini menjadi pilihan warga untuk memperkenalkan dan memajukan pariwisata di Desa Pakiskembar. 
 
 
 Warga Desa Pakiskembar menggelar upacara pengibaran bendera yang dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat mulai dari siswa-siswi MI, MTS dan warga sekitar.
 
Menurut Wawan, Ketua RT 1 Desa Pakiskembar, latar belakang menghelat kegiatan upacara di Kali Sonto ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan daerah aliran sungai, kebersihan sungai dan juga untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Kali Sonto.
 
Harapannya dengan kegiatan upacara peringatan HUT-78 RI ini dapat mempromosikan kearifan lokal Desa Pakiskembar melalui sungai atau Kali Sonto. 
 
Dengan adanya kesadaran masyarakat akan potensi yang dimiliki diharapkan juga dapat memberikan kontribusi positif bagi warga sekitar sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga melalui pengembangan umkm yang ada di sekitar Kali Sonto ini.
 
Selain kegiatan upacara, warga juga bisa mengikuti rangkaian kegiatan lainnya untuk menambah kemeriahan HUT ke-78 RI. Terdapat stand bazar makanan dan minuman murah, medical check up gratis dan juga berbagai macam perlombaan. Tidak ketinggalan, panitia juga memberikan hadiah bagi peserta dengan kostum terunik saat mengikuti kegiatan upacara.
 
Warga terlihat sangat antusias dan gembira dengan adanya peringatan HUT ke-78 RI tahun ini dan berharap ke depannya warga Desa Pakiskembar semakin rukun dan dapat menggelar kegiatan yang lebih meriah dan funtastis.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm