Siswa SMK 2 Pangkep Bikin Mobil Jeep Listrik Untuk Gubernur Sulsel

18 Agustus 2023 11:30 WIB
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memperkenalkan mobil JIPAND karya siswa SMK 2 Pangkep usai upacara peringatan Kemerdekaan RI ke 78 di Rujab Gubernur
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memperkenalkan mobil JIPAND karya siswa SMK 2 Pangkep usai upacara peringatan Kemerdekaan RI ke 78 di Rujab Gubernur ( Dok Humas Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Siswa SMK 2 Pangkep menciptakan mobil jeep bertenaga listrik yang diberi nama JIPAND singkatan dari jeep ANDALAN.

Inovasi tersebut untuk pertama kalinya diperkenalkan ke publik oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman usai upacara peringatan 78 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis, 17 Agustus 2023.

Gubernur meluncurkan mobil tersebut sekaligus melakukan test drive bersama Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso, Pangkoopsau II Marsma TNI AU Adi Kuntoro dan Dantamal VI Laksma TNI Ivan Gatot Prijanto.

Pembuatan mobil JIPAND melibatkan empat orang pelajar SMK 2 Pangkep. Mereka adalah Arjuna Kaharuddin, Muhammad Ardiansyah, Multasang dan Ahmad Rizki. Guru pembina SMKN 2 Pangkep, Andi Mangumpia mengatakan, pembuatan JIPAND pertama kali diusulkan oleh Kepala Bidang SMK Disdik Sulsel sebagai persembahan untuk Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Usulan tersebut kemudian ditindak lanjuti oleh Kepala SMK 2.

"Kepala Sekolah memberikan kepercayaan kepada kami untuk membuat mobil itu. Dan kami menyatakan siap," ujar Andi Mangumpia kepada wartawan, Kamis (17/8/2023).

Ia menyebut, anggaran yang dihabiskan untuk membuat JIPAND sekitar Rp300 Juta, meliputi konversi mesin, body mobil serta sparepart lainnya. Adapun proses perakitan mobil JIPAND memakan waktu 4 bulan. Dimulai pada April 2023 hingga dinyatakan memenuhi standar. Sejauh ini, ia mengaku tidak menemui kendala selama proses pembuatan JIPAND. Hanya beberapa kendala teknis yang akhirnya bisa diselesaikan.

"Kendalanya di bagian plendes yang menyambungkan antara transmisi dan dinamo.Kalau tidak presisi dan seimbang letaknya, bisa menyebabkan retak,"ucapnya.

Andi Mangumpia bersyukur, hasil karya anak didiknya itu mendapat respon positif dari Gubernur maupun masyarakat Sulsel. Saat ini, pihaknya akan membuat mobil serupa sebanyak tiga unit. Itu berdasarkan permintaan Pangdam XIV Hasanuddin yang akan menggunakan mobil tersebut sebagai mobil komando.

Baca Juga: Mobil Listrik Jadi Kendaraan Utama KTT ASEAN

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam kesempatan tersebut memberi apresiasi kepada para siswa maupun guru SMK 5 atas keberhasilannya membuat mobil jeep listrik. Menurutnya, kehadiran JIPAND mendukung upaya pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik.

“JIPAND merupakan upaya dalam merealisasikan instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk menggunakan mobil bertenaga listrik kepada seluruh pejabat negara beserta jajarannya,” kata Andi Sudirman.

Dengan kapasitas tenaga listrik sebesar 8000 watt, mobil ini diklaim sangat irit dibanding kendaraan yang menggunakan BBM. Cukup dengan biaya Rp32 ribu, mobil dapat menempuh jarak 120 km/jam dengan total jarak tempuh 150 -170 km. Mobil JIPAND dapat dikendalikan menggunakan HP Android dengan sistem kecepatan eco, normal dan sport.

"SMKN 2 Pangkep sendiri melaksanakan kerjasama reparasi, build up, body repair, servis engine dengan beberapa perusahaan yang memiliki lisensi," tutupnya.

Baca Juga: Wawali Makassar: Perayaan HUT ke 78 RI Tampilkan Kekompakan Elemen Masyarakat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm