Bobby Nasution Ingin Program Masjid Mandiri Bermanfaat Bagi Warga Sekitar

2 September 2023 08:25 WIB
Ketua BKM Masjid Nurul Huda memberikan cencera mata sebagai ungkapan terima kasih kepada Wali Kota Medan dalam acara Safari Jumat di Masjid Nurul Huda Jalan Garuda, Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Jumat (1/9)
Ketua BKM Masjid Nurul Huda memberikan cencera mata sebagai ungkapan terima kasih kepada Wali Kota Medan dalam acara Safari Jumat di Masjid Nurul Huda Jalan Garuda, Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Jumat (1/9) ( )

Medan, Sonora.ID - Di awal kepemimpinan setelah dilantik menjadi Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama Wakil Wali Kota H Aulia Rachman langsung meluncurkan program Masjid Mandiri.

Melalui program tersebut, masjid diharapkan tidak hanya sebagai tempat beribadah, tapi juga dapat difungsikan sebagaimana zaman Rasulullah SAW.  

“Di zaman Rasulullah SAW, masjid juga difungsikan sebagai tempat pemberdayaan ekonomi, sosial serta politik sehingga keberadaan masjid tidak hanya memberikan manfaat bagi jamaah tapi juga warga di sekitarnya. Hal ini lah yang mendasari kita mengapa membuat program Masjid Mandiri,” kata Bobby Nasution saat melaksanakan Safari Jumat di Masjid Nurul Huda Jalan Garuda, Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Jumat (1/9). 

Saat ini terdapat sekitar 1.115 masjid dan 800-an musala di Kota Medan. Oleh karenanya orang nomor satu di Pemko Medan ini berharap agar masing-masing masjid bertanggungjawab guna membantu minimal terhadap 10 warga kurang mampu yang ada di sekeliling masjid. 

Dalam Safari Jumat yang dilakukan usai melaksanakan Salat Jumat itu, Bobby Nasution memberikan bantuan hibah dari Pemko Medan melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan sebesar Rp.50 juta.

Kemudian bantuan sosial sebesar Rp.10 juta dari Dinas Sosial, pemberian akte pendirian koperasi dari Dinas Koperasi dan UKM Perindustrian dan Perdagangan serta 1 unit steling. 

Selain itu, juga pemberian 1 set tenis meja dari Dinas Pemuda dan Olahraga serta rak buku beserta buku dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Diharapkan, bantuan yang diberikan tersebut dapat bermanfaat bagi para jamaah maupun warga sekitar.  

Di kesempatan itu, Bobby Nasution juga minta kepada sejumlah pimpinan OPD yang ikut dalam Safari Jumat untuk mengumpul uang guna membantu percepatan penyelesaian Pembangunan Menara Masjid Nurul Huda. Dari hasil pengumpulan yang dilakukan berhasil diperoleh dana sebesar Rp.70 juta. 

Sebagai ungkapan rasa gembira sekaligus bentuk penghormatan atas kedatangan Bobby Nasution, Ketua BKM Masjid Nurul Huda memberikan sekaligus memakaikan topi khas Aceh kepada suami Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu tersebut. 

Sebelumnya, Ketua Harian BKM Nurul Huda H Boimin dalam laporannya, menjelaskan secara ringkas mengenai Masjid Nurul Huda.

Dikatakannya, masjid tersebut diresmikan 7 Januari 1994 oleh Wali Kota Medan saat itu yakni H Bachtiar Djafar dan menjadi masjid terbaik. Selama 25 tahun, ungkapnya, tidak ada Pembangunan yang dilakukan. 

“Guna menampung jamaah yang terus bertambah, sejak tahun 2019 telah dilakukan perluasan dan Pembangunan. Saat ini kami sedang membangun Menara yang pembangunannya dimulai Januari 2023. Dibutuhkan waktu 4 bulan dan biaya sekitar Rp.370 juta untuk menyelesaikan Pembangunan Menara. Setelah Menara selesai, kami berharap Pak Wali Kota dapat  meresmikannya,” harap Boimin.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Ramaikam MIDF, Bobby Nasution Ikut Senam Bersama Ribuan Masyarakat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm