12 Contoh Recount Text, Singkat, Berbagai Tema, dan Terjemahannya

4 September 2023 15:15 WIB
Ilustrasi contoh recount text
Ilustrasi contoh recount text ( freepik.com)

Sonora.ID - Berikut adalah pembahasan tentang 10 contoh recount text yang singkat, berbagai tema, dan terjemahannya.

Recount text didefinisikan sebagai jenis teks yang menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian di masa lampau dengan kronologi yang jelas.

Ada banyak sekali contoh recount text yang dapat kamu jadikan sebagai referensi penulisan guna menciptakan hasil karya tulis yang baik.

Jenis teks ini sendiri dapat kamu tulis dengan struktur sebagai berikut, yaitu:

  • Orientation, pengenalan suatu isu pembahasan secara umum
  • Event , pembahasan dari peristiwa utama yang dituliskan secara kronologis
  • Re-orientation, merupakan kesimpulan dari peristiwa yang diceritakan

Sebagai sumber referensi belajar, kamu dapat menyimak 10 contoh recount text berikut ini yang sudah Sonora ID rangkum dari berbagai sumber.

1. Recount Text I

Baca Juga: 5 Contoh Introduce Yourself dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Coming Late to School

Last Wednesday, I came late to my school because I played playstation until 2.00 am in the night. Because I woke up late.

I woke up about 6.30 am and the class would begin at 7.00 am. I ran to bathroom to take a bath. I usually had breakfast after taking a bath, but on that day I did not do that.

I always went to school by my motorcycle. But on that day, I forgot where I put the key. So, I went to the school by public transportation. It took me a longer time. I arrived at school at 7.15 am, I ran to my class but I saw my teacher had stood in front of the class to teach. I entered my class and of course my teacher was angry at me because I came late.

It was my bad experience and I hoped I would not do that again.

Terjemahan

Terlambat Datang ke Sekolah

Pada hari Rabu yang lalu, saya terlambat datang ke sekolah karena saya bermain playstation hingga pukul 2.00 pagi. Karena saya bangun terlambat.

Saya bangun sekitar pukul 6.30 pagi dan kelas akan dimulai pada pukul 7.00 pagi. Saya berlari ke kamar mandi untuk mandi. Biasanya saya sarapan setelah mandi, tapi pada hari itu saya tidak melakukannya.

Saya selalu pergi ke sekolah dengan sepeda motor saya. Tapi pada hari itu, saya lupa di mana saya meletakkan kunci. Jadi, saya pergi ke sekolah dengan transportasi umum. Ini memakan waktu lebih lama. Saya tiba di sekolah pada pukul 7.15 pagi, saya berlari ke kelas saya tetapi saya melihat guru saya sudah berdiri di depan kelas untuk mengajar. Saya masuk ke kelas dan tentu saja guru saya marah pada saya karena saya terlambat datang.

Itu adalah pengalaman buruk saya dan saya berharap saya tidak akan melakukannya lagi.

2. Recount Text II

Holiday in Karimunjawa

I spent my last holiday in Karimunjawa, Central Java with my friends. On the first day, I arrived at Karimunjawa Harbor at 10.00 after a 12 hour trip with a bus and ferry boat.

After I arrived, I decided to take a shower and rest for a while. Then, I followed a trip with our guide to explore a few islands around Karimunjawa.

On the next morning, we went snorkeling and explore more islands. We had fun, we also ate good food.

On the last day, I went shopping for some souvenirs. After that, I went to the harbor at 11.00. We arrived in Bandung at 23.00.

I had a wonderful experience in Karimunjawa. It was the best trip of my life.

Terjemahan:

Aku menghabiskan liburanku di Karimunjawa, Jawa Tengah bersama teman-teman. Pada hari pertama, aku tiba di Pelabuhan Karimunjawa pukul 10.00 usai 12 jam perjalanan menggunakan bus dan kapal feri.

Setelah tiba, aku memutuskan untuk mandi dan istirahat sejenak. Kemudian, aku mengikuti perjalanan bersama pemandu kami untuk menjelajah sejumlah pulau di sekitar Karimunjawa.

Keesokan paginya, kamu pergi melakukan snorkeling dan menjelajah lebih banyak pulau lagi. Kami bersenang-senang dan memakan makanan yang enak.

Pada hari terakhir, aku pergi berbelanja beberapa cendera mata. Kemudian, aku pergi ke pelabuhan pada pukul 11.00. Kami tiba kembali di Bandung pada pukul 23.00.

Aku mendapat pengalaman yang menyenangkan di Karimunjawa. Ini merupakan perjalanan terbaik di dalam hidupku.

3. Recount Text III

A Trip to the National Zoo and Aquarium.

Yesterday, my family and I went to the National Zoo and Aquarium to visit the new Snow Cubs and the other animals.

In the morning, when we got to the Zoo and Aquarium there was a great big line, so we had to wait awhile to get in.

After we entered the zoo, we went straight to the enclosure for the Snow Cubs. My brother and I were so excited to see them. They were so cute and playful.

At lunchtime Dad decided to cook a bbq. He cooked sausages so we could have sausage sandwiches. Mum forgot the tomato sauce so we had to eat them plain.

In the afternoon, we visited the aquarium. My brother was excited to see the sharks and the tropical fish. At the end of the day when we left we were going to go and get ice cream but we decided we were too tired so we drove straight home.

Terjemahan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm