Maratua Masuk Program Ekonomi Biru Pemberdayaan dan Penyerapan Potensi Pemuda Kabupaten Berau

12 September 2023 12:02 WIB
Pemerintah Kabupaten Berau
Pemerintah Kabupaten Berau ( Pemkab Berau)

Maratua, Sonora.ID - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berencana memaksimalkan perairan di Kepulauan Maratua, Kabupaten Berau sebagai kawasan strategis pariwisata sekaligus penerapan program ekonomi biru yang berpotensi mendapatkan kompensasi sertifikasi blue bond.

Dihadiri lngsung oleh Wakil Bupati Berau Gamalis, Melliana selaku Tim Percepatan Pengembangan Pulau Maratua, Agus Tantomo pengamat pariwisata Berau, Irianto Camat Maratua, Kepada OPD terkait dan Seluruh Kepala Kampung Sekecamatan Maratua. Selasa (12/9/23)

Program Ekonomi Biru (Blue Economy) untuk destinasi wisata di Pulau Maratua yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Berau bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan pihak terkait, melibatkan pemuda dan warga lokal dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Wabup Berau Hadir dalam diskusi pemuda di pulau Maratua Selasa (12/09).

Konsep pelestarian alam dengan menjaga lingkungan sesuai Program Ekonomi Biru yang diyakini mampu menggerakkan ekonomi berkelanjutan.

Hal itu karena Maratua merupakan daerah tujuan wisata, yakni wisata bahari dengan keindahan panorama pulau, laut, terumbu karang, keindahan bawah laut, plus pantai yang harus dijaga kebersihan dan keindahan agar wisatawan betah dan membawa kesan baik.

Baca Juga: Bupati Berau Membuka Kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi 2023

"Pengembangan ekonomi biru difokuskan pada program pemeliharaan konservasi lingkungan perairan. Termasuk potensi bawah laut yang luar biasa dapat dikelola dengan mempertimbangkan daya dukung wilayah. Potensi kawasan perairan sebagai pilot project nasional sedang dirumuskan, dengan tetap mengedepankan keterlibatan masyarakat lokal secara ekonomi dan sosial budaya," jelas Meiliana

Dalam diskusi yang digelar di Maratua membahas tentang pemberdayaan dan penyerapan potensi pemuda Kabupaten Berau dalam mendukung percepatan blue economy di Maratua.

Dalam kegiatan itu, hari pertama dilakukan deklarasi dukungan ekonomi biru dan diskusi, hari kedua diisi edukasi untuk masyarakat Maratua pada empat kampung (Tanjung Harapan, Teluk Alulu, Bohe Silian, dan Kampung Payung Payung), sekaligus penataan Zona Ekonomi Biru.

Kabupaten Beau sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional Destinasi Parivisata Prioritas Nasional, dan tercatat memilki 12 kampung wisata, 276 daya tarik wisata termasuk alam, buatan, budaya di darat dan di laut serta 10 destinasi wisata unggulan, salah satunya Pulau Maratua.

Menyadari potensi yang luar biasa ini Pemerintah Kabupaten Berau memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal.

"Kami optimis sektor wisata akan benar-benar mampu menjadi sektor andalan daerah dibarengi dengan mulai menjamurnya fasilitas penginapan representatif, serta peningkatan kualitas layanan pariwisata yang dikelola oleh Disbudpar dan Kelompok Sadar Wisata setempat." Ujar Gamalis.

-Adv

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm