10 Pidato Singkat Tentang Maulid Nabi Untuk Lomba dan Acara Lainnya

14 September 2023 17:03 WIB
Contoh pidato Maulid Nabi yang singkat dan pendek untuk lomba serta acara lainnya.
Contoh pidato Maulid Nabi yang singkat dan pendek untuk lomba serta acara lainnya. ( freepik.com)

Sonora.ID - Dalam waktu dekat ini umat Muslim akan segera merayakan salah satu peringatan yang mulia, yakni Maulid Nabi atau Hari Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi jatuh pada 12 Rabiul Awal setiap tahunnya dalam kalender Hijriyah. Di tahun 2023 ini Maulid Nabi jatuh pada tanggal 28 September 2023.

Peringatan ini pun menjadi momentum yang tepat bagi umat Muslim di dunia untuk kembali mengingat kisah hidup serta perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah.

Oleh karena itu, berbagai acara seperti lomba pidato biasanya digelar untuk merayakan Maulid Nabi. Pidato yang disampaikan biasanya berisi ajakan untuk selalu mengamalkan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh pidato singkat, pendek tentang Maulid Nabi yang dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Libur Maulid 2023 Tanggal Berapa? Cek SKB 3 Menteri Yuk!

Pidato Singkat Tentang Maulid Nabi Untuk Lomba dan Berbagai Acara Lainnya

Contoh 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Para guru yang patut kami hormati beserta para tamu kehormatan kami yang bersedia hadir dalam acara Maulid Nabi di sekolah ini.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa acara Maulid Nabi ini adalah acara yang rutin dilaksanakan di sekolah ini sebagai bentuk kepatuhan sekolah ini akan ajaran dan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Oleh sebab itu tidaklah berlebihan jika kita selalu bersholawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Salah satu tujuan acara ini bukan saja sekedar memperingati, namun sebagai upaya meneladani semua ajaran Nabi Muhammad SAW.

Anak-anak kami yang saat ini menimba ilmu di sekolah dasar ini adalah ujung tombak akan berlanjutnya pengajaran akan ajaran Islam dan sunnahnya.

Sehingga menjadi insan paripurna di muka bumi Allah ini. Selain itu perayaan ini juga diharapkan menjadi simbol bahwa pendidikan agama harus diajarkan sedini mungkin agar hati dan jiwa berlaku seimbang sebagaimana yang allah dan Nabi inginkan.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga apa yang disampaikan dalam acara ini dapat diserap dan diamalkan dalam kehidupan para peserta didik kami dan kita disini semua tentunya.

Mohon maaf atas segala kekhilapan dan kekurangan dan saya akhiri dengan wabillahi taufik walhidayah wasallamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Contoh 2

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Alhamdulillahi rabbil 'alamin, saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan serta pada hadirin yang telah hadir pada kesempatan ini.

Mari bersama-sama kita ucapkan syukur dan puji kepada Allah Swt atas nikmat sehat, iman dan Islam yang sampai saat ini kita rasakan.

Tak lupa ucapan syukur dan terimakasih juga kita panjatkan pada junjungan kita semua Nabi besar Muhammad SAW yang telah menyelamatkan umat Islam sejak zaman jahiliyah.

Selanjutnya yang hendak saya sampaikan sebagai pembicara dalam pidato Maulid Nabi pada kesempatan ini adalah mengenai amalan yang tidak akan pernah ditinggalkan oleh Nabi.

Amalan apakah itu? Amalan tersebut adalah Nabi Muhammad SAW tidak pernah melepaskan jabat tangan sebelum sahabat beliau yang melepaskan terlebih dahulu.

Mengapa begitu? Sebab, menurut para ulama, berjabat tangan adalah salah satu cara untuk merontokkan dosa atau amalan buruk yang telah kita perbuat kepada seseorang.

Oleh sebab itu, marilah bapak dan ibu semuanya, jangan sampai kita memutus tali silaturahmi atau berjabat tangan dalam perayaan Maulid Nabi pada tahun ini.Mungkin cukup dahulu dari saya.

Terimakasih atas perhatian dan kehadiran Anda semua. Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Contoh 3

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Kepada yang terhormat bapak ibu hadirin yang dimuliakan Allah. Pada kesempatan ini marilah kita ucapkan rasa syukur kita kepada Allah Yang Maha Kuasa.

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita masih diberi nikmat sehat tanpa halangan suatu apapun.

Sehingga pada kesempatan yang mulia ini kita masih diberi umur yang panjang dan dapat berkumpul dalam acara peringatan maulid Nabi.

Shalawat serta salam mari kita haturkan kepada penyelamat kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang yaitu Nabi Muhammad.

Nabi sejuta umat baginda Nabi Agung Muhammad Saw yang kita nantikan pertolongannya di hari akhir kelak.

Pada kesempatan kali ini sedikit saya sampaikan pidato Maulid Nabi Muhammad SAW tentang sifat terpuji dari beliau.

Amatlah penting bagi kita sebagai umat muslim untuk mengetahui sifat yang dimiliki baginda Rasulullah.

Sebagaimana telah termaktub dalam Al Qur'an bahwa Allah telah benar benar memberikan suri tauladan yang baik.

Rasulullah dengan segala kebaikan dan budi luhurnya wajib kita tiru.

Walaupun sebagai manusia biasa kita tidak dapat meniru seratus persen sifat beliau namun sifat ini dapat kita jadikan acuan dalam berperilaku.

Hadirin yang berbahagia,

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm