Pangdam II/Sriwijaya Luncurkan Program ‘Dapur Masuk Sekolah’

22 September 2023 22:42 WIB
( )

Palembang, Sonora.ID - Sebagai upaya membantu Pemerintah Daerah dalam rangka menurunkan Stunting, Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil, meluncurkan/melaunching Program Kodam II/Sriwijaya Terbaru yakni, "Dapur Masuk Sekolah", Jum'at (22/09/2023) bertempat di Sekolah Dasar Negeri 14 Jl. Tanjung Barangan, Bukit Baru, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang.

Peluncuran Program "Dapur Masuk Sekolah" ini ditandai dengan Pemberian makanan dapur secara simbolis kepada perwakilan Siswa/i SDN 14 Tanjung Barangan oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil dan Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Hadir dalam acara tersebut, Unsur Forkopimda Sumsel, para Pejabat Kodam II/Swj dan para Pengurus Persit KCK PD II/Sriwijaya, para Muspicam Ilir Barat I Palembang, Kepala Sekolah, para Guru dan Siswa/i SDN 14 Palembang serta para tamu undangan yang terdiri dari para Pimpinan Perbankan, dan Ketua Yayasan.

Baca Juga: Pangdam II/Sriwijaya Beri Apresiasi dan Penghargaan Kepada Satuan Serta Prajurit Kodam II/Swj

Selain di Kota Palembang, acara "Dapur Masuk Sekolah", yang digagas oleh Pangdam II/Sriwijaya ini juga dilaksanakan di sejumlah daerah lainnya di Provinsi Sumbagsel, yakni di wilayah Lampung, Bengkulu, Jambi dan Kepulauan Bangka  Belitung (Babel) yang dipimpin oleh Danrem masing-masing.

Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Yanuar Adil, mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan launching program “Dapur Masuk Sekolah” kepada semua pihak yang telah mensuport dan berpartisipasi demi kesuksesan acara ini.

Pangdam juga menyampaikan bahwa, program “Dapur Masuk Sekolah” yang di gagas oleh Kodam II/Swj ini, merupakan bentuk kepedulian dan komitmen Kodam II/Swj dalam membantu meningkatkan gizi dan kesehatan pada anak-anak serta mencegah stunting khususnya pada anak Sekolah Dasar, dan menjadikan mereka sebagai generasi penerus bangsa sekaligus  sebagai aset nasional di masa depan yang sehat dan cerdas serta terpenuhi gizinya.

Kegiatan “Dapur Masuk Sekolah” ini, juga dilaksanakan  secara serentak  di jajaran Kodam II/Swj di 5 Korem dan 32 Kodim dengan cara mendatangi secara langsung ke sekolah-sekolah.

"Hal ini merupakan salah satu cara untuk mendekatkan jangkauan sasaran   dalam pemberian makanan dan nutrisi kepada anak-anak Sekolah Dasar", ujar Pangdam.

Program “Dapur Masuk Sekolah” diselenggarakan bertujuan untuk, membantu menurunkan angka stunting bagi anak-anak, membantu anak-anak  sekolah yang memiliki tingkat ekonomi kurang mampu di lingkungan tempat tinggalnya, dan menumbuhkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan bela negara bagi anak sekolah dasar.

Baca Juga: Pangdam II/Sriwijaya Silaturahmi ke Kapolda Sumsel

"saya berharap, melalui pemberian makanan utama dan tambahan berupa susu dan bubur kacang hijau kepada anak sekolah dasar ini, dapat meningkatkan asupan gizi anak, agar mencapai status gizi yang sesuai dengan usia anak-anak tersebut, dalam rangka menunjang kebutuhan gizi selama di sekolah maupun nanti saat mereka remaja", kata Mayjen TNI Yanuar Adil.

Pangdam juga menegaskan bahwa, sebagai bagian dari masyarakat Sumatera Selatan, Kodam II/Swj siap bekerja sama dengan segenap komponen masyarakat dan mendukung setiap program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kodam II/Swj konsisten dan bertekad untuk terus membenahi diri dan meningkatkan  kualitas  pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Hal ini juga menjadi implementasi dari salah satu 7 Perintah Harian Kasad yaitu, TNI AD Harus Hadir Di Tengah Kesulitan Rakyat, Serta Mampu Memberikan Solusi Terbaik”, jelasnya. 

"kami menyadari, bahwa apa yang kami lakukan ini belum bisa sepenuhnya menjangkau harapan  kita semua, namun paling tidak melalui kegiatan semacam ini akan dapat menginspirasi dan memotivasi segenap komponen masyarakat untuk turut peduli dan siap ambil bagian dalam membantu mengatasi terjadinya gizi buruk di lingkungan anak-anak. Semoga apa yang kita lakukan ini berbuah kebaikan, mendapatkan berkah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa serta benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat", pungkas Jenderal Bintang Dua ini.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj juga melakukan dialog interaktif kepada seluruh jajarannya.

Pangdam meminta penjelasan secara singkat kegiatan yang dilaksanakan Korem maupun Kodim jajarannya dalam kegiatan "Dapur Masuk Sekolah".

Dalam mendukung acara "Dapur Masuk Sekolah", ini Bekangdam II/Swj telah menyiapkan 250 paket makanan empat sehat lima sempurna melalui Dapur Lapangan yang didirikannya, yang terdiri dari Nasi + Tahu, Tempe, Semur Telor, Sop Ayam Kacang Merah, Krupuk + Susu.

Baca Juga: Pangdam II/Sriwijaya Ikuti Peresmian Penggunaan Fasilitas Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air Tahun 2023

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm