Beri Bantuan Alat Bantu Usaha, Bobby Nasution Ingin Produksi dan Pendapatan UMKM Meningkat

26 September 2023 20:10 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama pelaku UMKM di acara Pameran Dagang Lokal Kota Medan Tahun 2023 dan Penyerahan Bantuan Bagi Pelaku UMKM di Katamso Land Jalan Brigjen Katamso Medan, Selasa (26/9).
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama pelaku UMKM di acara Pameran Dagang Lokal Kota Medan Tahun 2023 dan Penyerahan Bantuan Bagi Pelaku UMKM di Katamso Land Jalan Brigjen Katamso Medan, Selasa (26/9). ( Dok. Istimewa)

 

Medan, Sonora.ID - Wali Kota Medan Bobby Nasution memberikan bantuan kepada kelompok usaha maupun koperasi yang membutuhkan alat bantu usaha, guna memajukan pelaku UMKM mulai dari peningkatan produksi hingga pendapatan.  

Hal ini disampaikan Bobby Nasution di acara Pameran Dagang Lokal Kota Medan Tahun 2023 dan Penyerahan Bantuan Bagi Pelaku UMKM di Katamso Land Jalan Brigjen Katamso Medan, Selasa (26/9).

Kegiatan ini digelar guna mendorong peningkatan volume penjualan produk UMKM.

Bobby Nasution berharap usaha yang dilakoni semakin berkembang serta bertambah pendapatannya.  

Tak hanya sekadar memberi bantuan, Bobby Nasution mengingatkan ada tanggung jawab Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperasi UKM dan Perindag) Kota Medan untuk terus mengawasi dan dibina pelaku UMKM tersebut.  

Baca Juga: Peringati HSN 2023, BPS Sumut Gelar Apel, Tanam Pohon Serta Penyerahan Piagam Penghargaan

“Bapak harus pastikan, pelaku UMKM yang telah menerima bantuan, misalnya sebelum menerima alat bantu usaha hasil produksinya hanya 1 kilogram per hari, harus meningkat menjadi 5 kilogram per hari setelah menerima alat bantu usaha. Jangan sampai setelah diberikan alat bantu usaha, tapi hasil produksinya tidak mengalami peningkatan sedikit pun,” pesannya di hadapan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Medan Agus Suriyono, Kadis Koperasi UKM dan Perindag Benny Iskandar Nasution, BUMN, pimpinan perangkat daerah dan camat.  

Kepada seluruh pelaku UMKM, Bobby Nasution mengajak untuk menggunakan teknologi digitalisasi dalam usaha yang dilakoni.  

“Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan digitalisasi. Bapak dan ibu pelaku UMKM dapat berjualan secara digital melalui e-Kalatog Kota Medan. Disamping itu, nantinya juga bisa berjualan di e-commerce yang akan kami buat aplikasinya,” ungkapnya. 

Orang nomor satu di Pemko Medan ini juga berpesan kepada Kadis Koperasi UKM dan Perindag agar memasukkan pelaku UMKM yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, pakaian (baju dan celana) serta sepatu sehingga hasil produk mereka dapat dibeli ASN di lingkungan Pemko Medan. Apalagi Pemko Medan setiap selasa nanti akan mengganti baju coklat dinas yang selama ini digunakan dengan pakaian kasual.

Terkait itu ASN diwajibkan membeli pakaian kasual, termasuk sepatu melalui e-Katalog maupun marketplace.  

“Saya berharap bapak dan ibu pelaku UMKM yang ada di sini nantinya mengisi e-Katalog maupun marketplace tersebut. Soalnya, jumlah ASN kita lebih dari 13.000 orang,” paparnya.  

Guna mendukung hal ini, menantu Presiden Joko Widodo ini minta kepada seluruh pelaku UMKM untuk mempersiapkan diri.

Baca Juga: Bobby Nasution Bersama Pangdam I/BB Susuri Sungai Deli, Tinjau Lokasi Gotong Royong

“Kami bukan hanya ingin memberikan bantuan berupa alat usaha saja, tapi juga sekaligus goals nya berupa pendapatan lebih,” pungkasnya disambut tepuk tangan meriah seluruh pelaku UMKM yang hadir. 

Adapun alat bantu usaha yang diberikan orang nomor satu di Pemko Medan kepada pelaku UMKM, di antaranya yakni 1 set peralatan olah pangan ikan, 2 set peralatan olahan limbahan plastik, 3 set mesin jahit high speed, 2 set mesin jahit obras, mesin vakum sealer, oven, 8 showcase, mesin jahit border, lemari es 2 pintu, mixer, 3 unit compressor, blender, 2 unit deep fryer, mesin pemisah tulang ikan, mesin pengering ikan serta mesin kopi espresso.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm