OIKN Gelar BPVP, Makmur: Target Bersama Pemkab PPU Menyiapkan SDM Untuk Pembangunan IKN

27 September 2023 14:45 WIB
Pelatihan Berbasis Kompetensi Pemberdayaan Masyarakat wilayah IKN bekerja sama dengan BPVP Samarinda yang diinisiasi oleh OIKN, Selasa (26/9/2023) di kawasan Sepaku.
Pelatihan Berbasis Kompetensi Pemberdayaan Masyarakat wilayah IKN bekerja sama dengan BPVP Samarinda yang diinisiasi oleh OIKN, Selasa (26/9/2023) di kawasan Sepaku. ( Dok. Istimewa)

Penajam, Sonora.ID - Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menghadiri kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Pemberdayaan Masyarakat wilayah IKN bekerja sama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda yang diinisiasi oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Selasa (26/9/2023) di kawasan Sepaku.

Sebanyak 96 orang peserta di Kecamatan Sepaku ikut dalam pelatihan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Makmur Marbun mengatakan, pemerintah menunjuk dirinya sebagai Pj Bupati PPU untuk melakukan akselerasi.

Seperti yang disampaikan oleh Deputi Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat (Sosbudpemas) Otorita IKN Alimuddin, kegiatan ini merupakan tindak lanjut beberapa pelatihan-pelatihan sebelumnya pernah dilakukannya.

"Target bersama pemerintah daerah PPU adalah bagaimana selalu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) agar benar-benar bisa terlibat dalam proses pembangunan IKN," ujarnya.

Baca Juga: Gelar Rapat Perdana TP PKK, Bahas Program Prioritas Yang Belum Terlaksana

Apalagi, Presiden RI Joko Widodo telah meresmikan dua hotel bintang lima, rumah sakit hingga pusat pelatihan olahraga. Pembangunan itu tentu memerlukan tenaga kerja sangat banyak.

"Tentu yang dibutuhkan yang punya kompetensi, sehingga perlu kita lakukan penyiapan SDM itu,” katanya.

Pihaknya melaksanakan pelatihan tentu mengikuti apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Memang tahun depan Pemdasus sudah berjalan, tetapi sekarang masih masa transisi sehingga harus disiapkan tenaga kerja di IKN ini.

“Karena nanti warga di IKN membutuhkan pangan atau mengolah bahan makan menjadi makanan siap saji itu, sehingga butuh pelatihan-pelatihan saya sudah sampaikan kepada aparat di PPU untuk merubah mindset tidak seperti dulu karena sekarang peningkatan SDM harus kita lakukan,” imbuhnya.

Sementara itu, Deputi Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat (Sosbudpemas) Otorita IKN Alimuddin menjelaskan, SDM tersebut tidak mesti bekerja sebagai tenaga kerja kontraktor atau konstruksi pembangunan di IKN. Melainkan dipersiapkan untuk menjadi calon-calon wirausahawan, agar tidak tergantung dengan yang lainnya.

Baca Juga: Gelar Rakor High Level Meeting, Makmur Tegaskan untuk Menjaga Kestabilan Harga Bahan Pokok

“Karena dalam waktu dekat ini akan banyak kebutuhan-kebutuhan untuk orang-orang yang ada di IKN dan peluang itu harus kita tangkap baik kebutuhan pangan, sandang dan papan serta lain-lain,” pungkasnya.

Diinformasikan, selain di Kecamatan Sepaku, PPU, Kegiatan serupa rencananya bakal dilaksanakan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Samboja, Muara Jawa, Loa Janan, Loa Kulu dan Samboja Barat di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm