10 Pidato Hari Kesaktian Pancasila 2023, Bermakna dan Membangkitkan Semangat

28 September 2023 13:10 WIB
Ilustrasi pidato Hari Kesaktian Pancasila 2023
Ilustrasi pidato Hari Kesaktian Pancasila 2023 ( )

Sonora.ID - Artikel kali ini akan membahas lengkap 10 pidato Hari Kesaktian Pancasila 2023 yang bermakna dan dapat membangkitkan semangat.

Tepat pada tanggal 1 Oktober, masyarakat Indonesia akan merayakan salah satu hari nasional, yaitu Hari Kesaktian Pancasila.

Adapun cara untuk memeriahkan hari nasional ini adalah dengan menyampaikan Pidato Hari Kesaktian Pancasila 2023 yang penuh dengan makna.

Tidak hanya itu saja, pidato ini juga dapat membangkitkan semangat, sehingga para pendengarnya pun dapat meningkatkan jiwa nasionalisme sebagai warga NKRI.

Kamu bisa menyimak 10 pidato Hari Kesaktian Pancasila 2023 berikut ini yang sudah Sonora ID rangkum sebagai referensi.

1. Pidato I

Baca Juga: Mengenal Cita-cita Negara berdasarkan Pancasila, Lengkap dengan Cara Mewujudkannya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi.

Pertama-tama, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT karena kita dapat berkumpul di aula sekolah dalam keadaan sehat dan bahagia.

Juga, mari kita kirimkan selawat dan salam kepada Rasulullah Muhammad SAW. Semoga kita mendapatkan pertolongan di hari akhirat.

Hadirin yang berbahagia,

Kita sangat bersyukur atas kesempatan ini untuk memperingati momentum yang istimewa.

Setiap tanggal 1 Juni adalah hari yang bersejarah karena kita memperingati hari kelahiran Pancasila. Tepat pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan pidato tentang usulan dasar negara yang akhirnya menjadi dasar lahirnya Pancasila.

Namun, bagaimana kita seharusnya memaknai Hari Lahir Pancasila? Apakah cukup hanya menghafal lima silanya?

Jika itu saja, maka ratusan juta penduduk Indonesia bisa menghafal kelima sila dan mengucapkannya dengan lantang.

Namun, apakah kita benar-benar dapat menerapkan kelima sila tersebut dalam kehidupan sehari-hari?

Sepertinya masih sedikit orang yang benar-benar bisa mengamalkan kelima sila tersebut dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini dapat terlihat dari adanya perilaku-perilaku yang menyimpang yang sering kita dengar di media.

Misalnya, perilaku siswa yang tidak sopan terhadap guru, perilaku orang tua yang tidak pantas terhadap anak, siswa yang nakal, tawuran, perpecahan antar suku, ras, agama, dan sebagainya.

Oleh karena itu, peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan penerapan sila-sila Pancasila.

Hadirin yang saya hormati,

Ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk menghidupkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.

Sebagai sesama manusia, kita seharusnya saling membantu, bergotong royong, dan saling mengasihi, bukan saling terpecah belah dan melakukan perilaku yang tidak sesuai dengan sila-sila tersebut.

Saudara sekalian,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila. Mohon maaf atas segala kesalahan dalam penyampaian.

Saya mengakhiri pidato ini,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Pidato II

Bismillahirohmanirohim

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm