HUT Ke-78 KAI: Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, untuk Indonesia Maju

28 September 2023 15:10 WIB
Suasana saat upacara HUT KAI ke 78 di Bandung, Kamis (28/9/2023).
Suasana saat upacara HUT KAI ke 78 di Bandung, Kamis (28/9/2023). ( Dok. Humas KAI)
Bandung - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperingati hari ulang tahunnya yang ke-78, Kamis (28/9/2023).
 
Pada peringatan HUT kali ini, KAI mengangkat tema "Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju", untuk merepresentasikan persatuan dan semangat insan KAI dalam mencapai tujuan bersama untuk Indonesia maju.
 
“Dalam rangka perayaan HUT ke-78 KAI, saya mengajak seluruh insan KAI untuk sejenak merefleksikan diri menanamkan dalam hati dan pikiran bahwa setiap pekerjaan yang kita lakukan memiliki dampak. Setiap insan KAI memiliki peran dan tanggung jawab serta amanah untuk membawa perusahaan ini lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia,” ucap Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo saat sambutan dalam upacara HUT KAI di Bandung, Kamis (28/9/2023).
 
Didiek mengatakan, tahun 2023 merupakan tahun yang sangat penting bagi KAI, karena di tahun ini KAI akan menyelesaikan 2 Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu LRT Jabodebek dan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (Whoosh). 
 
LRT Jabodebek merupakan transportasi yang menerapkan teknologi Communication-Based Train Control (CBTC) dengan sistem operasi Grade of Automation (GoA) level 3 atau driverless yang pertama di Indonesia, dan seluruh pengoperasian kereta dikendalikan dari Operation Control Center (OCC).
 
 
Selanjutnya, kata Didiek, berdasarkan Perpres 93 tahun 2021, pemerintah telah mengamanatkan kepada KAI untuk menjadi pimpinan konsorsium BUMN untuk percepatan penyelesaian proyek Whoosh yang saat ini sedang dalam tahap pengetesan dan trial operation dengan kecepatan maksimum 350 km per jam. 
 
Dengan kecepatan maksimum tersebut, Whoosh merupakan kereta api cepat pertama yang akan dioperasikan di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.
 
“Tentunya pencapaian ini akan menjadi sejarah perkeretaapian di Indonesia di tahun 2023, dan telah membangkitkan rasa kebanggaan nasional bangsa Indonesia,” kata Didiek. 
 
Di samping penyelesaian 2 PSN tersebut, tahun ini KAI juga melakukan investasi peremajaan sarana yang terbesar sepanjang sejarah KAI, dengan melakukan pengadaan sebanyak 612 kereta eksekutif dan ekonomi, 11 kereta luxury, 4 kereta panoramic, serta modernisasi kereta ekonomi menjadi Kereta Ekonomi New Generation, dan kereta kompartemen baru dengan konsep Bima Reborn.
 
"Pengadaan kereta-kereta tersebut juga dilengkapi dengan pengadaan 16 trainset KRL baru yang dilakukan oleh KAI Commuter dalam rangka mendukung produksi dalam negeri," ungkap Didiek.
 
Sejumlah pelayanan tersebut juga ditunjang dengan penerapan digitalisasi, di antaranya adalah penerapan Face Recognition Boarding System di stasiun-stasiun kereta api. 
 
Inovasi-inovasi tersebut, kata Didiek, dilaksanakan tentu dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan dan kenyamanan. Untuk itu, maka perawatan sarana dan prasarana dilakukan secara optimal dan good corporate governance (GCG) untuk memastikan keandalan operasional. 
 
“Modernisasi Balai Yasa dengan segala fasilitas perawatan sarananya (lokomotif, kereta, gerbong) serta modernisasi perawatan prasarana (jalan rel dan jembatan) dengan menghadirkan sarana Kendaraan Perawatan Jalan Rel (KPJR) baru dalam jumlah yang signifikan ditujukan untuk menunjang keselamatan operasi kereta api,” urai Didiek.
 
 
KAI juga berkomitmen untuk mendukung target pemerintah dalam program net zero emission dengan menyusun road map Environmental, Social, And Governance (ESG) dan mulai mengimplimentasikan penggunaan BBM B30 dan pembangunan panel surya di Stasiun Gambir, gedung kantor Jakarta Railway Center (JRC), kantor LRT Jabodebek, dan saat ini dalam tahap pembangunan 40 stasiun KAI akan dipasang panel surya baik di Jawa maupun di Sumatera. 
 
Di samping itu, lanjut Didiek, KAI tetap memperhatikan aset terpenting yaitu pengelolaan SDM dengan terus meningkatkan kapabilitas dan kompetensinya melalui training, upscaling, dan rescaling agar sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan tantangan masa kini dan masa yang akan datang.
 
KAI berkomitmen dan terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk meningkatkan kapasitas KAI dalam menghadapi tantangan global dan disrupsi bisnis dengan prinsip GCG, agar perusahaan dapat terus melayani masyarakat dalam bertransportasi secara berkelanjutan.
 
“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan KAI atas kontribusinya dalam rangka memajukan perusahaan dan marilah kita jadikan Hari Ulang Tahun ke-78 KAI sebagai momentum untuk memperkuat motivasi dan semangat kita untuk memberikan layanan transportasi yang terbaik bagi masyarakat dan bangsa Indonesia,” pungkas Didiek.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm