Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh di Stasiun Halim Jakarta Timur

2 Oktober 2023 19:15 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi ( Sonora Jakarta/Tito Suhandoyo)
 
Sonora.ID - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Jokowi hari ini, Senin, (2/9) meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
 
Kereta dengan kecepatan 350 kilometer per jam yang diberi nama WHOOSH itu merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga Asia Tenggara.
 
"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta Bandung WHOOSH saya nyatakan dioperasikan," kata Presiden Joko Widodo.
 
Presiden Joko Widodo juga menjelaskan bahwa nama WHOOSH dipilih sebagai nama KCJB yang terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi tersebut. Selain itu, nama tersebut merupakan singkatan dari waktu hemat, operasi optimal, sistem hebat.
 
Dikesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo juga mengklaim bahwa KCJB merupakan bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam modernisasi transportasi massal di Tanah Air yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya maupun dengan TOD (transit oriented development).
 
 
Menurut Presiden, KCJB merupakan hal baru bagi Indonesia. Presiden pun berharap jajarannya tidak akan takut untuk belajar dan mencoba hal-hal baru dalam mengembangkan sejumlah proyek transportasi massal di Tanah Air, meskipun dalam prosesnya akan timbul hal yang tidak terduga, kesulitan, masalah, hingga ketidaksempurnaan.
 
"Pengalaman itu mahal, namun sangat berharga dan kita tidak perlu takut karena jika kita konsisten, kesalahan itu akan makin sedikit. Biaya kesalahan juga akan makin menurun dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek, lama-kelamaan juga akan makin rendah," lanjut Presiden Joko Widodo 
 
Presiden pun minta jajarannya untuk tetap semangat dan menerima kritik dari masyarakat sebagai bahan masukan dalam melakukan pembangunan di Tanah Air. Hal tersebut penting sebagai bekal untuk menghasilkan pembangunan infrastruktur dan transportasi massal yang lebih baik di masa mendatang.
 
"Keberanian kita mencoba hal-hal yang baru memberikan kepercayaan, memberikan kita kesempatan untuk belajar kepada anak-anak bangsa, dan akan sangat berguna bagi masa depan membuat SDM-SDM kita makin maju dan bangsa kita makin mandiri," tutup Presiden Joko Widodo.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm