PMI Kota Pontianak Rutin Adakan Kegiatan Donor Darah

5 Oktober 2023 11:00 WIB
Kegiatan donor darah PMI Kota Pontianak di Hotel Aston, Rabu (4/10/2023).
Kegiatan donor darah PMI Kota Pontianak di Hotel Aston, Rabu (4/10/2023). ( William )

Pontianak, Sonora.ID - Kepala Seksi Pengambilan Darah UDD PMI Kota Pontianak, Septi Riadi mengatakan dari PMI Kota Pontianak memang rutin mengadakan kegiatan-kegiatan di lapangan baik donor darah bersama instansi swasta dan negeri juga dari organisasi kemahasiswaan.

"Kita terus bekerja sama untuk melakukan kegiatan donor darah. Ada dua opsi memang biasanya dari PMI untuk mengadakan donor darah atau istilahnya jemput bola, kita yang menghubungi pihak instansi untuk mengadakan kegiatan donor darah. Kedua memang dari instansi, mereka punya program dan ingin mengadakan bakti sosial, salah satunya kegiatan donor darah, PMI sangat welcome," katanya.

Dia melanjutkan, semua kegiatan yang sudah ditentukan akan dijadwalkan serta diusahakan semua untuk yang ingin melakukan kegiatan nomor darah sendiri akan diusahakan terjadwal. "Setiap bulan kegiatannya ada, makanya dalam seminggu itu hampir setiap hari juga ada, " imbuhnya.

Septi juga menyampaikan biasanya kegiatan yang banyak dilakukan dari instansi atau organisasi itu banyak di hari Sabtu dan Minggu.

Baca Juga: Donor Darah Jadi Rangkaian Kegiatan HUT Aston Pontianak dan Transera Pontianak

Kegiatan tersebut Rutin setiap bulan dilaksanakan. Untuk prosedurnya itu sebenarnya mudah dari pihak panitia bisa aja langsung datang ke PMI Kota Pontianak atau menghubungi nomor kontak yang mungkin yang sudah dikenal.

Sementara untuk kantong darah di PMI Kota Pontianak saat ini hampir bisa tidak terpenuhi karena memang setiap kegiatan itu kantong darah didapat bervariasi atau tidak sama, sedangkan permintaan dari rumah sakit itu per harinya kisaran dari 120 sampai 150 kantong yang dibutuhkan.

"Untuk permintaan kantong darah memang bervariasi juga tergantung pasien dan tergantung diagnosa penyakit yang membutuhkan transfusi darah, namun yang rutin itu memang tetap untuk cuci darah dan Talasemia, " ungkapnya.

Dia menambahkan banyak komunitas - komunitas yang secara rutin mengajak PMI untuk bekerjasama mengadakan kegiatan donor darah.

"Karena memang instansi - instansi swasta dan negeri bahkan yang komunitas yang banyak melakukan aksi, memang sudah ada yang rutin terkadang kita surati, sebelum kita suratipun mereka sudah ada planning yang akan melakukan kegiatan donor darah, " terangnya.

Kemudian untuk golongan darah yang langka didapat adalah gol darah AB, sedangkan yang banyak adalah gol darah A, B dan O.

Baca Juga: BKD dan KPP Pratama Pontianak Gelar Workshop Packaging dan Branding

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm