Finalisasi Penyusunan GDPK Jadi Hal Penting Untuk Pembangunan Kependudukan di Sulut

13 Oktober 2023 11:30 WIB
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey ( )

Manado, Sonora.ID - Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil-KB) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) tahapan ketiga finalisasi penyusunan roadmap Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) di Ruang F.J Tumbelaka, Kantor Gubernur Sulut.

Christodharma Sondakh Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Sulut mengatakan, upaya penyusunan GDPK menjadi sesuatu yang strategis dan sangat diseriusi oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Hal ini karena dokumen GDPK merupakan bagian dari proyeksi jangka panjang pemerintah pusat dan daerah yang dimaksudkan sebagai rekomendasi pembuatan kebijakan yang tepat sasaran, serta dituangkan dalam program lima tahunan.

 Baca Juga: Komisaris BRI Kunker ke Sulut, Jumpai Kelompok Usaha Tani Binaan BRI Tondano

Kadis Sondakh menuturkan bahwa GDPK menjadi rumusan perencanaan pembangunan kependudukan yang menyangkut berbagai aspek penting seperti situasi kependudukan, proyeksi kependudukan hingga roadmap dan program Pembangunan.

“GDPK ini sangat berkaitan dengan berbagai aspek penting, mulai dari situasi kependudukan, proyeksi kependudukan sampai roadmap dan program Pembangunan,” jelasnya.

Disebutkan jika GDPK merupakan instrumen yang krusial bagi pemerintah dalam hal mengintegrasikan berbagai kebijakan yang tepat sasaran, sesuai dengan situasi dan kondisi di masyarakat.

“Ini membantu kita dalam  dalam mengintegrasikan berbagai kebijakan, sasaran dan program pembangunan kita supaya sesuai dengan situasi dan kondisi kependudukan serta wilayah kita,” tambanya.

Diutarakan oleh Kadis Sondakh bahwa dalam GDPK terdapat pula unsur-unsur penting yang berkaitan dengan pembangunan kualitas sumber daya manusia yang seharusnya diselenggarakan secara terintegrasi dan berkelanjutan, yang mencakup berbagai bidang seperti Pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Baca Juga: Kaper BKKBN Sulut Sampaikan Materi Percepatan Penurunan Stunting

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm