Upaya Diskominfo Prov. Sumsel Menangkal Peredaran Berita Hoax

16 Oktober 2023 11:26 WIB
Ilustrasi Upaya Diskominfo Prov. Sumsel Menangkal Peredaran Berita Hoax
Ilustrasi Upaya Diskominfo Prov. Sumsel Menangkal Peredaran Berita Hoax ( )

Palembang, Sonora.ID – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika SumselRifka Rika Efianti saat wawancara dengan sonora (16/10/2023) perihal dampak bahaya berita hoax menjelaskan bahwa banyak berita hoax bertebaran di dunia maya karena sekarang teknologi informasi sudah canggih setiap orang menggenggam gawai sehingga informasi mudah didapatkan termasuk hoax.

“Sekarang masyarakat sudah pintar, dinas kominfo bekerjasama dengan Polda Sumsel untuk menangkal hoax, mengadakan edukasi-edukasi bersama narasumber, kerjasama dengan polda terkait laporan masyarakat jika ada laporan dan bila terbukti akan mendapatkan sanksi hukum,” ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya terus mengedukasi masyarakat untuk memberitakan yang benar karena akan berdampak sosial bila berita itu tidak benar juga ke pemerintahan.

“Kita terus mengevaluasi bagaimana menyampaikan, mengedukasi. Saat bertemu dengan masyarakat disampaikan agar hati-hati terhadap berita hoax,” tukasnya.

Perihal menangkal berita hoax apakah perlu dimasukkan kedalam kurikulum pendidikan?

Rika menilai bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan dinas pendidikan namun seitap dinas memiliki fungsi masing-masing.

Dinas pendidikan memiliki pusat sendiri, jadi harus dibahas dengan DPR agar bisa disampaikan ke generasi muda agar mereka tidak mudah termakan berita hoax.

Orang tua juga harus memperhatikan anaknya apa yang ditonton dan dicerna agar tidak termakan berita hoax terutama anak-anak remaja.

Ia menyebutkan dalam rangka mengatasi berita hoax pihaknya bekerjasama dengan semua pihak termasuk media.

Pihaknya tidak bisa bekerja sendiri terutama saat ini dimasa-masa tahun politik akan banyak berita hoax menyebar.

Kerjasama akan terus ditingkatkan dengan dinas-dinas terkait terutama dinas kominfo kabupaten kota dalam menangkal berita hoax.

“Saya mengajak seluruh masyarakat agar bijak melihat mana berita yang benar atau hoax karena ada resiko yang akan diterima nanti,” pungkasnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Dua Wilayah Ini Kini Jadi Perhatian Kapolda Sumsel Atasi Karhutla

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm