Pastikan Kesetaraan Akses, Wapres Ma'ruf Amin Minta Kerjasama antar Organisasi Perempuan Diperkuat

24 Oktober 2023 19:41 WIB
( )

Sonora.ID - Lewat wadah organisasi forum termasuk di lingkup negara anggota ASEAN, perempuan dapat berkontribusi dengan cara saling bertukar pengetahuan, pemikiran dan pengalaman serta memperkuat persahabatan dan saling mendukung dalam menghadapi tantangan yang menghambat upaya tersebut. 

Hal tersebut disampaikan Wapres KH. Ma'ruf Amin dalam sambutan virtual saat membuka resmi Asean Confederation Of Woman’s Organization (ACWO) Forum and Expo 2023 yang berlangsung di Gedung Smesco Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Presiden ACWO Dr Cecilia M Dy, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo, Ketua Panitia ACWO Forum and Expo Hadriani Uli Silalahi dan lainnya.

ACWO Forum and Expo 2023 tersebut melibatkan delegasi dari 10 negara anggota ASEAN, satu negara observer yakni Timor Leste, 3 negara anggota W20 yakni Rusia, India dan Italia serta 1000 peserta perwakilan organisasi dan komunitas perempuan.

 
 
Wapres Ma'ruf Amin menegaskan kerjasama antar organisasi perempuan harus terus diperkuat untuk memastikan kesetaraan akses yang dimiliki perempuan terhadap pendidikan, kesempatan bekerja dan berusaha, maupun fasilitas Kesehatan.

Dalam forum yang diselenggarakan oleh KOWANI tersebut, Wapres memberikan apresiasi atas konsistensi dalam memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan perempuan, mengingat organisasi perempuan adalah mitra penting pemerintah dalam menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan secara berkelanjutan di kawasan dan di dunia. 

 
“Organisasi perempuan berada pada garda terdepan dalam pengarusutamaan isu-isu keadilan gender, serta implementasi kebijakan terkait pemberdayaan ekonomi perempuan, pembangunan yang inklusif, serta partisipasi politik dan kepemimpinan perempuan, baik di tingkat nasional, maupun di ASEAN,” ungkap Wapres.

Wapres juga berharap kegiatan ACWO Forum and Expo 2023 dapat memberikan banyak manfaat bagi perempuan di ASEAN. 

 
“Semoga forum dan expo ini menjadi ajang nyata bagi pemberdayaan perempuan ASEAN, serta memperkuat kapasitas dan jaringan kerja sama pelaku UMKM di ASEAN, dan mendukung ASEAN untuk terus menjadi kawasan yang damai, sekaligus pusat pertumbuhan ekonomi global yang berkelanjutan,” ucapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo mengungkapkan kegembiraannya melihat antusiasme peserta ACWO Forum and Expo 2023. Antusiasme ini antara lain bisa dilihat dari jumlah peserta yang melebihi kuota. 

 
“Dari delegasi luar negeri hadir 80 orang peserta, lalu juga dari Indonesia ada 1000 perwakilan organisasi baik anggota Kowani maupun organisasi mitra,” katanya.

Selain peluang untuk berkolaborasi antar organisasi perempuan di negara-negara ASEAN, kegiatan ACWO Forum dan Expo 2023  diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para peserta sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memotivasi para perempuan Indonesia.

Dalam rangkaian ACWO 2023 ini pihaknya juga melakukan perjanjian kerjasama dengan Italia terkait pemberdayaan perempuan di bidang pendidikan. Selain itu, juga dilakukan kerjasama dengan Rusia terkait program beasiswa, yang akan dimulai pada 2024 mendatang.

“Kita juga melakukan perjanjian kerjasama antara Italia, yaitu pemberdayaan perempuan dibidang pendidikan. Dimana ada pendidikan pembuatan sepatu dan tas dari kulit. Diberikan secara gratis. Sedangkan dengan pemerintahan Rusia perempuan Indonesia diberikan kesempatan program beasiswa. Mulai 2024 ada secara regular,” ujar Giwo.

Lebih lanjut Giwo menjelaskan kegiatan yang bertema  “ASEAN Matters : Epicentrum of Growth” itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan perempuan dan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perempuan di lingkungan ASEAN.

ACWO Forum and Expo 2023 berlangsung 24-26 Oktober 2023.

 
Selain talkshow, sejumlah agenda telah disiapkan antara lain forum diskusi, ACWO expo yang menampilkan UMKM binaan Kowani dan UMKM negara anggota ASEAN, gelar seni budaya, penanaman pohon bakau dan kunjungan wisata seputar Jakarta. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm