10 Quotes tentang Riya yang Menyadarkan dan Menyentuh Hati Manusia

31 Oktober 2023 19:35 WIB
Kumpulan kata-kata atau quotes tentang riya.
Kumpulan kata-kata atau quotes tentang riya. ( Freepik)

Sonora.ID - Riya berasal dari bahasa Arab yaitu ra’a-yara-ruyan-wa ru’yatan yang mempunyai arti melihat. 

Istilah riya artinya adalah memperlihatkan diri kepada orang lain agar keberadaannya baik itu ucapan, tulisan, sikap, maupun amal perbuatannya supaya diketahui oleh orang lain.

Riya juga dapat diartikan sebagai perbuatan memperlihatkan sesuatu, baik itu barang atau perbuatan baik dengan maksud agar dilihat orang lain atau pun mendapat pujian dari orang lain. 

Dalam agama Islam, perbuatan riya dibenci Allah SWT, karena perbuatan yang dilakukan tidak didasarkan dengan niat semata-mata hanya untuk Allah SWT.

Riya juga termasuk dalam salah satu perbuatan yang dapat menghapus amal baik seseorang. Selain itu, riya merupakan perbuatan yang digolongkan sebagai syirik kecil dan merupakan perbuatan yang bisa muncul karena ada niat dalam hati atau bisa juga dalam perbuatan.

Orang yang berbuat riya termasuk golongan orang yang celaka. Oleh karena itu, sebagai seorang Muslim sebaiknya kita selalu mengingatkan sesama untuk tidak berbuat riya atau sombong.

Untuk mengingatkannya, kita dapat membagikan kumpulan quotes tentang riya di bawah ini ke keluarga, teman, atau sahabat, dikutip dari berbagai sumber.

Quotes tentang Riya yang Menyadarkan dan Menyentuh Hati Manusia

  1. Janganlah kau lakukan suatu kebaikan karena riya’, dan janganlah kau tinggalkan suatu kebaikan karena malu.
  2. Ibadah yang tersembunyi adalah ibadah yang paling berharga di hadapan Allah SWT.
  3. Berpegang teguh pada niat baik dan ikhlas dalam setiap amal perbuatan, agar tidak terjerat dalam perangkap riya yang menggoda.
  4. Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghapuskan sedekahmu dengan mengiringi dan menyakiti, seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia, padahal dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian (Al-Baqarah ayat 264)
  5. Jadilah pribadi yang tulus, karena keikhlasan adalah kunci kesucian hati.
  6. Dari delapan puluh dosa yang dihisab Allah pada hari Kiamat, yang pertama adalah tindakan riya. (Hadis Riwayat Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim)
  7. Berusahalah menjadi hamba yang ikhlas, bukan hamba yang mengharapkan pujian manusia.
  8. Rasulullah SAW bersabda: Allah Tabaraka wa Ta'ala berfirman: "Aku Dzat yang paling tidak butuh kepada sekutu. Barangsiapa melakukan suatu amalan yang di dalamnya itu ia menyekutukan Aku dengan selain-Ku, niscaya Aku tinggalkan ia bersama sekutunya itu". (HR. Muslim)
  9. Tunjukkan kebaikanmu hanya kepada Allah, dan berdoalah agar terhindar dari godaan riya yang menjelma.
  10. Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah membalas tipuan mereka (dengan membiarkan mereka larut dalam kesesatan dan penipuan mereka). Apabila berdiri untuk salat, mereka melakukannya dengan malas dan bermaksud riya di hadapan manusia. Mereka pun tidak mengingat Allah, kecuali sedikit sekali. (An-Nisa: 142)

Itulah beberapa kata-kata atau quotes tentang riya yang dapat kita ambil hikmahnya dan jangan lupa untuk membagikannya ke orang-orang tercinta!

Baca Juga: 15 Quotes Save Palestine: Menyentuh Hati, Bermakna, dan Penuh Doa

Baca artikel dan berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm