Dispar Kukar Gelar Pelatihan SDM Pariwisata untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata

2 November 2023 19:45 WIB
Pemerintah Kutai Kartanegara.
Pemerintah Kutai Kartanegara. ( )

Tenggarong, Sonora.ID - Sektor pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Namun, hal ini membutuhkan dukungan dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di bidang pariwisata. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar menggelar pelatihan SDM pariwisata untuk meningkatkan sektor pariwisata.

Salah satu wilayah yang menjadi lokasi pelatihan SDM pariwisata adalah Kota Bangun Darat, Kecamatan Kota Bangun.

Di wilayah ini, Dispar Kukar akan menggelar pelatihan untuk semua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Kukar.

Pelatihan SDM Pariwisata di kukar.

Pelatihan ini akan digelar di Samarinda dalam waktu dekat. Pelatihan ini bertujuan untuk menyinkronkan Pokdarwis dan BUMDes sebagai unit usaha yang saling mendukung.

Pelatihan ini juga bertujuan untuk melatih mereka untuk memiliki persepsi yang sama antara Pokdarwis dan BUMDes.

Baca Juga: Bupati Kukar Instruksikan Ke Perangkat Daerah Agar Libatkan Masyarakat Dalam Standar Layanan Publik

“Tujuan pelatihan ini adalah untuk menyinkronkan Pokdarwis dan BUMDes sebagai unit usaha. Kami akan melatih mereka untuk memiliki persepsi yang sama antara Pokdarwis dan BUMDes,” kata M Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar.

Selain pelatihan di Samarinda, Dispar Kukar juga telah menggelar pelatihan SDM pariwisata di sejumlah wilayah di Kukar sepanjang tahun 2023. Beberapa contoh pelatihan yang telah digelar antara lain pelatihan di Pantai Pamedas, pelatihan sanitasi di Kota Bangun, dan pelatihan branding dan pemasaran produk wisata di Tenggarong.

“Kegiatan pemberdayaan ini tidak bisa kami lakukan sendiri. Kami membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat melalui Pokdarwis dan pengusaha melalui BUMDes,” ujar Ridha.

Ridha menambahkan, kerjasama dengan Pokdarwis dan BUMDes sangat dibutuhkan oleh Dispar Kukar untuk meningkatkan potensi destinasi wisata di Kukar. Ia menyadari bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan masyarakat dan pengusaha.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, SDM pariwisata di Kukar bisa meningkat kualitasnya. Kami juga berharap ada peningkatan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Kukar,” tutup Ridha.

- Adv

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm