Lewat Simposium Nasional, Gubernur Kalsel Tegaskan Banua Sebagai Mitra dan Pendukung IKN

9 November 2023 15:30 WIB
Simposium Nasional bertajuk Konektivitas dan Sinergitas Kalimantan dalam Persiapan IKN, di Mahligai Pancasila Banjarmasin
Simposium Nasional bertajuk Konektivitas dan Sinergitas Kalimantan dalam Persiapan IKN, di Mahligai Pancasila Banjarmasin ( )

Banjarmasin, Sonora.ID – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor menegaskan kesiapan provinsi ini sebagai daerah penyangga sekaligus pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Penegasannya itu disampaikan Paman Birin (sapaan akrabnya) saat memberikan sambutan secara daring pada pembukaan Simposium Nasional bertajuk Konektivitas dan Sinergitas Kalimantan dalam Persiapan IKN, di Mahligai Pancasila Banjarmasin, pada Kamis (09/11)

Menurutnya, pembangunan IKN baru di Kaltim merupakan proyek strategis nasional yang dilakukan Pemerintah Pusat dalam upaya pemerataan pembangunan di Indonesia.

“Sebagai provinsi yang akan menjadi tuan rumah IKN, kita Kalimantan memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam mensukseskan pembangunan ini,” ucap Paman Birin.

Ia mengungkapkan, dalam mendukung pembangunan IKN, diperlukan juga sinergisitas antara Pemerintah Daerah bersama berbagai elemen masyarakat guna menggali potensi dari berbagai sektor khususnya sektor pangan, pariwisata, umkm dan ekonomi krearif yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.

Baca Juga: Mengulik Peristiwa 9 November 1945 di Banjarmasin dan Gugurnya 9 Pejuang

“Maka dari itu, semoga melalui simposium ini dapat merumuskan langkah konkret dalam mewujudkan sinergi dan optimalisasi potensi daerah masing-masing serta berbagai peluang dan tantangan yang akan muncul, sehingga Kalsel beserta seluruh provinsi di kalimantan dapat menjadi mitra dan pendukung Ibu Kota Nusantara,” jelasnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada kepala daerah, para akademisi dan praktisi yang telah berkontribusi dalam mensuksekan simposium ini guna menggali berbagai gagasan terkait aspek konektivitas dan sinergi antarwilayah di Kalimantan dalam persiapan IKN.

“Ayo semua pihak berkontribusi dalam membangun banua,” harap Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Prov. Kalsel, M Muslim mengatakan para narasumber berasal dari Otorita IKN, Kementerian PUPR, kepala daerah dan SKPD 4 provinsi di Kalimantan (Kalteng, Kaltara, Kalbar dan Kaltim), media massa, PWI, akademisi, mahasiswa, asosiasi, serta pengusaha.

“Intinya, Somposium ini diharapkan mampu mewujudkan sinergitas pembangunan infrastruktur Kalimantan dalam mempersiapkan IKN,” katanya.

Muslim menambahkan, dalam Simposium Nasional, lima Gubernur di Kalimantan juga akan menyampaikan sambutan dan pernyataan komitmen dalam menyambut IKN.

“Semoga simposium ini dapat menciptakan momentum untuk timbulnya inisiatif-inisiatif lintas sektor yang mendukung persiapan IKN,” tutup Muslim.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm