5 Bacaan Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal: Arab, Latin, dan Artinya

9 November 2023 17:40 WIB
Ilustrasi Bacaan Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal
Ilustrasi Bacaan Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal ( freepik.com)

Sonora.ID – Berikut bacaan doa untuk Ayah yang sudah meninggal dilengkapi dengan bahasa Arab, latin dan artinya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang anak untuk berbakti kepada orang yang telah meninggal dunia, misalnya saja dengan mengirimkan bacaan doa untuk Ayah yang sudah meninggal.

Apalagi momen Hari Ayah Nasional sudah semakin dekat. Tiap tahunnya Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November.

Peringatan ini ditujukan untuk memerikan apresiasi dan rasa terima kasih untuk seluruh Ayah di Indonesia atas kerja keras dan perannya dalam keluarga.

Biasanya, peringatan ini dirayakan dengan memberikan hadiah kecil atau ucapan kepada Ayah.

Tapi bagi anak yang ingin berbakti kepada Ayah yang sudah meninggal, kamu bisa mengirimkan bacaan doa untuk Ayah yang sudah meninggal berikut ini.

Baca Juga: 80+ Ucapan Hari Ayah dari Anak Perempuan, Menyentuh dan Penuh Cinta! 

Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Arab latin: Allāhummaghfir lil muslimīna wal muslimāt, wal mukminīna wal mukmināt, al-ahyā'i minhum wal amwāt, min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā, barrihā wa bahrihā, khushūshan ilā ābā'inā, wa ummahātinā, wa ajdādinā, wa jaddārinā, wa asātidzatinā, wa mu'allimīnā, wa li man ahsana ilainā, wa li ashhābil huquqi 'alaynā.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami."

Seorang anak juga bisa mendoakan ayahnya yang sudah meninggal dengan bacaan lebih singkat seperti berikut ini.

“Rabbighfir l, wa li wlidayya, warham hum kam rabbayn shaghr.”

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm