FGD Penyelamatan Situ, Danau, Embung dan Waduk Dibuka Asisten I Pemkab Kukar

13 November 2023 18:47 WIB
Akhmad Taufik Hidayat membuka FGD dalam Penyelamatan SDEW pada Kaskade Mahakam secara virtual di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Senin (13/11/2023).
Akhmad Taufik Hidayat membuka FGD dalam Penyelamatan SDEW pada Kaskade Mahakam secara virtual di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Senin (13/11/2023). ( )

Tenggarong, Sonora.ID – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat membuka Focus Group Discussion (FGD) yang digelar oleh Kementerian ATR/BPN Republik Indonesia dalam Penyelamatan Situ, Danau, Embung dan Waduk (SDEW) pada Kaskade Mahakam, yang berlangsung secara virtual di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Senin (13/11/2023).

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Akhmad Taufik Hidayat mengatakan, Pemkab Kukar mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah RI melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terhadap Danau Kaskade Mahakam (meliputi wilayah Danau Semayang, Danau Melintang dan Danau Jempang).

Seperti diketahui, berbagai permasalahan pada Kaskade Mahakam, antara lain seperti sedimentasi, perubahan pola fluktuasi tinggi muka air danau, penurunan kualitas air, serta degradasi lingkungan daerah tangkapan air danau menjadi hal yang perlu ada solusinya.

Selain itu, diperlukan adanya ketersediaan data dan informasi yang memadai terhadap keadaan Situ, Danau, Embung dan Waduk pada Kaskade Mahakam, yang kiranya perlu ada penjelasan dari pihak-pihak terkait, salah satunya dalam hal ini ialah Kementerian ATR/BPN.

Seperti diketahui bersama, Situ, Danau, Embung dan Waduk pada Kaskade Mahakam adalah bagian dari sistem DAS (Daerah Aliran Sungai) Mahakam yang memiliki multi fungsi penting.

Baca Juga: Nostalgia Rendi Solihin di SDN 031 Samboja

Di samping sebagai tempat penampungan air dan konservasi air tanah, situ, danau, embung dan waduk pada Kaskade Mahakam juga memiliki fungsi lainnya yakni tempat parkir air untuk pengendalian banjir, tempat wisata, bahkan olahraga air.

Pada kegiatan FGD ini didiskusikan tentang upaya penyelamatan, melakukan perlindungan, serta optimalisasi fungsi Situ, Danau, Embung dan Waduk pada Kaskade Mahakam dari aspek teknis, aspek pengendalian pemanfaatan ruang, serta pelibatan masyarakat di dalam upaya penyelamatannya.

Diskusi ini akan menjadi landasan penting dalam merumuskan upaya penyelamatan Situ, Danau, Embung dan Waduk pada Kaskade Mahakam tersebut.

Pemkab Kukar mengapresiasi semua pihak yang ikut berkontribusi dalam kegiatan ini dan mengajak kita semua untuk menjalin kerjasama yang erat, berpikir terbuka, dan berkomunikasi dengan baik selama acara ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm