Perhimpunan Kardiovaskular Indonesia Kembali Gelar Konferensi Kardio ke-15

17 November 2023 08:43 WIB
dr. Siti Elkana Nauli, Sp.JP Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah sebagai pembicara dalam ISICAM 2023 di Hotel Sanggrila, Jakarta, Jumat (17/11/23)
dr. Siti Elkana Nauli, Sp.JP Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah sebagai pembicara dalam ISICAM 2023 di Hotel Sanggrila, Jakarta, Jumat (17/11/23) ( Istimewa)

Jakarta, Sonora.Id - Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia (PIKI)/Indonesian Society of Interventional Cardiology (ISIC) menggelar Indonesian Society of Interventional Cardiology Annual Meeting 2023 (ISICAM) di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (16/11/2023).

Gelaran ke-15 kalinya dari wadah ahli intervensi jantung Indonesia tersebut berlangsung hingga Sabtu (18/11/2023).
Kegiatan ini dihadiri lebih dari 1.500 orang, terdiri ahli jantung intervensi, ahli jantung umum, para fellow dan peserta pendidikan ahli jantung serta para dokter umum, perawat dan teknisi kardiovaskular, maka pertemuan tahunan tahun 2023 ini boleh dikatakan merupakan acara kardiologi intervensi terbesar di Indonesia.

Ketua ISIC, Dr. A. Fauzi Yahya menjelaskan, pertemuan tahunan ini merupakan bukti komitmen untuk bekerja sama dalam mencapai keunggulan intervensi jantung dan pembuluh darah.

“Kami menyusun program yang tidak hanya menyoroti kemajuan terkini di bidang ini, tetapi juga menyediakan platform untuk kolaborasi dan pertukaran pengetahuan diantara para profesional dari berbagai wilayah nusantara, regional dan international,” jelasnya.

Konferensi ini menampilkan 14 demonstrasi tindakan intervensi jantung secara langsung dari berbagai pusat layanan jantung di Indonesia dan luar negeri.
Sejumlah rumah sakit di Indonesia turut menampilkan kemajuan tindakan intervensi jantung yakni Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung, RSUP Fatmawati Jakarta, RS Jantung Bina Waluya Jakarta.

Konferensi ini menawarkan perspektif global mengenai kardiologi intervensi
dengan menghadirkan 45 pembicara terkemuka dari luar negeri, Singapura, Thailand, Brunei Darusalam, Bangladesh, Vietnam, India, Korea Selatan, Jepang, Saudi Arabia, Jerman, Italia, Polandia dan Australia. Beberapa rumah sakit luar negeri juga turut menyajikan demonstrasi intervensi jantung secara langsung dari RS Fuwai -Beijing China, Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur-Malaysia, Seoul National University Bundang Hospital- Korea Selatan, Christian Medical Collegue Vellore-India.

Baca Juga: Tidak Hanya Menyehatkan, Berikut Manfaat Olahraga Kardio

Baca Juga: Cara Kerja Jantung dan Strukturnya, Materi Biologi 

Pertemuan ini menyajikan demonstrasi secara langsung tindakan kompleks baik meliputi tindakan mengatasi sumbatan total jantung maupun atasi tindakan kelainan struktur dan penyakit jantung bawaan, hingga gangguan katup jantung. Sesi ilmiah juga menampilkan prosedur inovatif dalam mengatasi lesi pengerasan sumbatan pembuluh jantung, perkembangan terkini pencitraan jantung, tes fungsional serta kemajuan obat-obatan.

“Dari sesi demonstrasi langsung, simposium dan workshop dan sesi ilmiah interaktif, kami bertujuan untuk memberikan pengalaman yang komprehensif dan mendalam bagi semua peserta,” kata Abdul Hakim, sebagai Ketua Panitia Pelaksana ISICAM tahun ini.
Ketua panitia sesi Ilmiah, Dr. Sodiqur Rifqi menambahkan bahwa pihaknya ingin menciptakan sebuah platform, dimana para profesional dapat terlibat dengan penelitian, teknik, dan inovasi terkini.

“Kami juga mengadakan kolaborasi dengan para ahli internasional untuk memperluas wawasan bersama,” tambah Sodiqur.
Pertemuan tahunan ini juga mencakup kompetisi ilmiah para fellow internasional.
Sesi kolaborasi internasional tersebut bertujuan memperkuat hubungan antara ISIC dan para pakar internasional, dan membina jaringan global yang didedikasikan untuk kemajuan tatalaksana penyakit jantung di Indonesia.

Sodiqur menyebut, kegiatan tahun ini tentu sejalan dengan program pemerintah tentang 6 pilar transformasi kesehatan yang sudah disosialisasikan oleh Kementrian Kesehatan.
Sebab, transformasi kesehatan adalah tanggung jawab semua komponen bangsa dalam mewujudkan layanan Kesehatan yang adil dan bermutu ke seluruh pelosok negeri.
“ISIC mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra dan peserta, atas kontribusi mereka yang sangat berharga dalam menyukseskan pertemuan tahunan 2023,” sebutnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm