Pj Gubernur Sulsel Puji Kekompakan Bupati dan Wakil Bupati Gowa

18 November 2023 19:47 WIB
Pj Gubernur Sulsle Bahtiar Baharuddijn tampak akrab berbincang bersama Wakil Bupati Gowa pada puncak hari jadi ke 78 Kabupaten Gowa
Pj Gubernur Sulsle Bahtiar Baharuddijn tampak akrab berbincang bersama Wakil Bupati Gowa pada puncak hari jadi ke 78 Kabupaten Gowa ( Dok Humas Pemprov Sulsel)

Gowa, Sonora.ID - Kekompakan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakilnya, Abdul Rauf Malaganni selama dua periode kepemimpinan mereka mendapat pujian dari Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

"Ini adalah pasangan bupati dan wakil bupati termesra di Seluruh Indonesia. Saya sebagai Dirjen di Kementerian Dalam Negeri, saya mengetahui 400 lebih pasangan Bupati dan Wakil Bupati seluruh Indonesia," ucap Bahtiar dalam sambutan HUT Gowa Ke-703 tahun, Jumat, 17 November 2023.

Bahtiar mengatakan, selama dua periode memimpin Kabupaten Gowa, mereka banyak menorehkan prestasi luar biasa dari berbagai sektor. Termasuk proses demokrasi di Kabupaten Gowa yang menunjukkan kemajuan signifikan, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Seperti diketahui, pada 2020 lalu, Kabupaten Gowa berhasil keluar dari zona merah ke zona hijau untuk pertama kalinya.

Baca Juga: 23 Hektare Lahan Pemprov Sulsel di Gowa Akan Ditanami Pisang dan Nanas

Kabupaten Gowa juga selalu menjadi daerah paling cepat melakukan transfer dana pilkada. Baik ke KPU, Bawaslu, TNI maupun Polri. Nilai partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa pun sangat tinggi, bahkan melampaui target nasional sebesar 79,77 persen.

Kendati demikian, sebagai Pj Gubernur Sulsel, ia mengingatkan seluruh masyarakat agar menjaga konstalasi di tahun politik. "Jaga kedamaian dan ketentraman, jangan mau diadu domba. Sebagai Pj Gubernur, tugas saya mengingatkan bahwa kita semua bersaudara," pesan Bahtiar.

Adapun 2024 mendatang, akan berlangsung Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Kemudian dilanjutkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Seluruh Indonesia.

Di sisi lain, Bahtiar menyebut, selain bersejarah, Kabupaten Gowa juga merupakan daerah yang banyak melahirkan tokoh, baik nasional maupun dunia. "Gowa adalah daerah yang memiliki nilai yang sangat tinggi. Banggalah kita sebagai masyarakat Gowa dan karakter ini harus dipertahankan," imbuhnya.

Baca Juga: Atasi Kekeringan, BPBD Sulsel Semai 10 Ton NaCl untuk Turunkan Hujan

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Rauf Malaganni mewakili Adnan Purichta, menjelaskan, sepanjang tahun 2023 terdapat beberapa proyek strategi yang dilaksanakan oleh Pemkab Gowa. “Baru saja kita meresmikan 18 proyek yang termasuk dalam proyek strategis Pemkab Gowa. Proyek ini tersebar di sektor kesehatan, infrastruktur, dan pendidikan," jelasnya.

Proyek yang diresmikan tersebut menelan anggaran sebesar Rp 39,9 miliar. Proyek ini diantaranya, peningkatan ruas jalan Bulutallua-Baringrisasa, dan Pengaspalan Jalan Lembaga Bolangi. Kemudian, pembangunan Jembatan Salari Desa Lembangloe, Kecamatan Biringbulu dan jembatan Boong Bontosunggu, Buakkang Kec. Bungaya. Peningkatan Bendung D.I Balla Tangngaya Desa Jonjo, Kecamatan Parigi, dan D.I Dandole Desa Rappoala Kecamatan Tompobulu.

Selanjutnya, Rehabilitasi Gedung Labkesda, Penataan Taman Kantor Bupati Gowa, Pembangunan 4 Pos Pelayanan Publik di 4 Kecamatan, pembangunan Gedung SMP Negeri 5 Sungguminasa dan SMP Negeri 3 Barombong serta Renovasi Stadion Kalegowa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm