Jelang Pemilu 2024, Komunitas Muda Beda Berkarya Ajak Masyarakat Bijak dan Kritis Hadapi Berita Hoax

25 November 2023 19:25 WIB
( )

Situbondo, Sonora.ID – Era dunia digital dan semakin canggihnya teknologi saat ini, membuat semua masyarakat sangat mudah untuk mengakses segala informasi secara online dan realtime.
 
Hal ini perlu adanya edukasi, dikarenakan dengan kemudahan mengakses informasi perlu sikap yang bijak dan kritis agar tidak mudah termakan berita hoax. 
 
Hal tersebut disampaikan Dosen Universitas Bengkulu Dr. Luluk Maktumah, M.Pd.I dalam talkshow komunitas Muda Beda Berkarya yang berlangsung di  Panarukan Situbondo, Minggu (19/11/2023).
 
“Hoax itu adalah berita bohong yg tidak ada sumbernya. Perlu sikap yang kritis untuk tidak langsung percaya dan wajib untuk cek terlebih dahulu akan sumber beritanya agar kita tidak termakan berita hoax”, ujar Luluk
 
Luluk kemudian menghimbau untuk jangan mudah cepat percaya dan langsung ikut menyebarkan berita yang didapatkan dari media sosial dikarenakan dalam mendekati pemilu pasti akan banyak berita-berita hoax
yang bertebaran di media sosial.
 
Ia juga menegaskan akan konsekuensi tindakan apabila ikut menyebarkan berita bohong akan terancam hukuman pidana.
 

“Banyak berita atau konten di media sosial yang belum tau sumbernya sudah langsung kita share, apalagi dalam menyambut pemilu. Kita harus bijak sebelum melakukan tindakan dikarenakan semua itu ada
konsekuensinya. Di pasal 28 ayat 1, bila kita melakukan penyebaran hoax akan kena pidana hukuman 6 tahun penjara dan denda 1 milyar hanya dikarenakan tidak bisa menahan jari-jari kita yang tidak terkontrol akibat terpengaruh emosi lalu share di status whatsapp atau Instagram," ucapnya
 
Dr. Luluk juga memaparkan alasan hoax mudah menyebar dikarenakan kebanyakan orang dalam menanggapi berita atau konten di sosial media terlalu mengikuti emosinya dan kurang bisa menanggapi secara rasional.

Hal itu yang membuat akan bahaya berita hoax dimana bisa membentuk polarisasi yang bisa memicu perpecahan.
 
“Kenapa hoax bisa mudah menyebar karena ada perasaan terancam, perasaan marah, perasaan curiga yang berlebihan. Punya rasa tidak percaya diri yang memiliki pemikiran tidak rasional dan hanya mengikuti emosinya saja untuk membentuk polarisasi yang bisa memicu perpecahan” ujarnya.
Sonora.ID - Selain itu, Luluk juga menekankan agar pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai, untuk mengajak masyarakat Indonesia khususnya di Situbondo untuk bisa lebih bijaksana dalam menanggapi perbedaan pendapat, dan tidak ada sikap intimidasi dan saling fitnah hanya dikarenakan berbeda pendapat.
 
“Agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai, perlu kearifan dan kebijaksanaan dari kita semua termasuk yang ada disini dalam menanggapi perbedaan pendapat. Tidak boleh merasa yang
paling sempurna, perlu sikap bijak dalam memilih. Tidak boleh melakukan tindakan yang bisa membuat berujung intimidasi dan fitnah," jelasnya.
 
Ia juga mengajak semuanya agar kegiatan pemilu 2024 bisa berjalan secara aman dan nyaman dalam lingkup ruang digital.
 
Semua orang harus andil untuk tidak terlibat dalam penyebaran berita hoax dan
harus berhati-hati dengan judul-judul berita yang provokatif.
 
“Bagaimana caranya agar tidak terlibat penyebaran hoax, harus hati-hati dilihat dari judulnya yang terlihat provokatif tidak usah langsung percaya dan disebarkan, terlebih amati situs dan faktanya. Cek untuk foto-fotonya dikarenakan banyak yang menggunakan foto editan," jelasnya 
 
Sependapat dengan Dr. Luluk, Bahrul Walid selaku Staf Bawaslu Kab. Situbondo juga menambahkan bahwa pentingnya untuk membaca secara lengkap isi suatu berita, dan jangan langsung memberikan asumsi serta menyebarkan berita hanya dikarenakan kita membaca dari potongan beritanya saja.
 
“Jangan pernah tidak mau untuk membaca, jadi harus membaca, membaca dan membaca. Jangan sampai cuma hanya 5 kata belum tau isinya sudah men-share berita tersebut. Wajib untuk membaca agar tidak terprovokasi dan bisa membandingkan informasi itu bermasalah atau tidak. Jadi kita bisa
menjadi masyarakat Indonesia yang bisa stop berita hoax”, tegasnya.
 
Dalam menyambut pemilu 2024 Bahrul Walid juga menegaskan bahwa masyarakat harus memiliki pemikiran kritis dalam membaca berita. Dikarenakan berita hoax bisa saja menjadi salah satu senjata
dalam pemilu.
 
“Hoax bisa jadi propaganda Ilusi berpikir, dengan mengulangi kebohongan sesering mungkin maka
kebohongan itu akan menjadi kebenaran. Maka dari itu hoax menjadi salah satu senjata yang paling
mantap dalam pemilu. Jadi wajib untuk kita memiliki pemikiran yang kritis”, ujarnya
 
Bahrul Walid juga memaparkan bahwa algoritma di sosial media mendukung untuk berita-berita hoax terus bermunculan. Masyarakat harus bisa membedakan dan tidak memberikan reaksi akan berita tersebut. Jadi algoritma sosial media akan memproses untuk tidak akan memunculkan berita hoax lagi.
 
 
“Sistemasi digital itu akan diketahui dari apa yang sering dilihat. Semisal ada akun berita yang provokatif
di tiktok atau Instagram, tidak usah di like atau komentari. Tiktok lewat dari 5 detik kita scroll berarti tidak akan keluar, karena kita tidak menontonnya lebih dari 5 detik maka dalam 1 bulan berita tersebut tidak akan keluar," jelasnya.
 
Sebagai informasi, kegiatan Komunitas Muda Beda Berkarya di Situbondo dan Bondowoso merupakan salah satu rangkaian kegiatan Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023.
 
Acara yang dihadiri 380 peserta di Situbondo dan 361 peserta di Bondowoso terdiri dari muda-mudi komunitas dan masyarakat setempat.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat di Situbondo dan Bondowoso untuk lebih bijak dan kritis dalam menghadapi berita hoax agar bisa menciptakan pemilu yang aman dan nyaman di ruang digital.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm