RM Marrel Suryokusumo Berharap Indonesia ke Depan Lebih Peduli Lingkungan

27 November 2023 19:45 WIB
RM Gustilantika Marrel Suryokusumo Bersama anak-anak muda yang bergerak dalam "Kaliurang Explore" usai diskusi yang digelar di Nawang Jagad, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Senin (27/11/2023).
RM Gustilantika Marrel Suryokusumo Bersama anak-anak muda yang bergerak dalam "Kaliurang Explore" usai diskusi yang digelar di Nawang Jagad, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Senin (27/11/2023). ( Sonora Yogyakarta)

Yogyakarta, Sonora.ID - Pegiat lingkungan RM Gustilantika Marrel Suryokusumo berharap Indonesia kedepan memiliki pemipin yang memiliki kepedulian lebih pada isu lingkungan.

Menurutnya hal itu sangat berkaitan dengan isu krisis pangan dan energi dunia yang diprediksi terjadi dalam beberapa waktu kedepan.

"Kelestarian lingkungan adalah syarat mutlak untuk mencapai ketahanan pangan dan energi," kata Marrel disela dikusi dengan anak-anak muda yang bergerak dalam Kaliurang Explore, di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Senin (27/11/2023).

Selain itu cucu Sri Sultan HB X ini menilai, Gen Z dan milenial yang menjadi mayoritas pemilih pada pileg dan Pilpres 2024 mendatang sangat peduli pada isu lingkungan.

Baca Juga: DPMPD Kaltim Studi Tiru Pengelolaan Sampah di Yogyakarta & Mojokerto

"Kalau mau mengambil simpati gen Z dan milenial, setiap paslon (pasangan calon, capres-cawapres) harus bisa meyakinkan mereka soal komitmen terhadap isu lingkungan," tambahnya.

Menurut Marrel hal tersebut sangatlah wajar. Pasalnya, gen Z dan milenial bakal sangat merasakan bila bencana lingkungan yang berujung pada krisis pangan dan energi benar-benar terjadi.

"Kerusakan lingkungan akan menyebabkan kerugian besar pada ekonomi di wilayah tersebut, karena kualitas air dan tanah rusak sehingga berimbas ke sektor pangan dan energi," pungkasnya.

Marrel yang memimpin Bebadan Pangreksa Loka (Badan Lingkungan Hidup) Kraton Yogyakarta selama ini dikenal begitu aktif dalam kegiatan penyelamatan lingkungan, khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mulai dari penyelamatan lingkungan lereng Gunung Merapi yang berfungsi sebagai kawasan penangkap air hujan, kawasan bantaran Kali Progo yang menjadi sumber penghidupan warga setempat dari sektor pertanian.

Baca Juga: PGN Saka Perusahaan Hulu Migas Nasional Peduli Terhadap Masyakarat dan Lingkungan

Hingga memberdayakan masyarakat di Gunungkidul agar memiliki sumber pakan ternak secara mandiri.

Menariknya, tidak hanya menyelamatkan lingkungan. Marrel juga mendorong masyarakat di lingkungan tersebut terlibat aktif dan berdaya secara ekonomi dalam setiap kegitan tersebut. Sebagai contoh, di kawasan Kaliurang Marrel menginisiasi berdirinya sejumlah objek wisata yang pengelolaannya 100 persen oleh masyareakat lokal.

Selain itu, di Gunung Kidul gerakan tanam pohon sebagai sumber pakan ternak juga membuat ekonomi masyarakat setempat juga lebih berdaya. Selain mereka memiliki sumber pakan ternak secara mandiri, warga juga memperoleh tambahan penghasilan dengan menjual ranting-rantingnya sebagai bahan bakar biomassa PLTU milik PLN.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm