DPRD Kaltim Soroti Dampak Negatif Obsesi K-Pop di Kalangan Anak Muda

28 November 2023 12:52 WIB
Foto Istimewa : Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Provinsi Kaltim - Puji Setyowati
Foto Istimewa : Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Provinsi Kaltim - Puji Setyowati ( )
 
Samarinda, Sonora.ID — Di tengah arus globalisasi budaya, Indonesia kini menjadi saksi dari maraknya budaya Korea-Pop (K-Pop) yang mendominasi dunia hiburan.
 
Fenomena ini menciptakan gelombang antusiasme di kalangan masyarakat Indonesia, terutama kalangan anak muda.
 
Para penggemar K-Pop, yang dikenal sebagai K-Popers, semakin memperkuat kehadiran mereka di tanah air. Dari konser, merchandise, hingga tarian ala K-Pop, tren ini telah menembus berbagai lapisan masyarakat.
 
Hal ini tak lepas dari sorotan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Puji Setyowati, ia menyoroti dampak negatif dari obsesi terhadap idola Kpop dikalangan anak-anak.
 
 
"Kita sangat prihatin terhadap pengaruh buruk yang muncul dari anak-anak yang meniru perilaku idola mereka. Kebanyakan mereka memasang cover di hp-nya menggunakan artis korea, padahal itu lebih baik menggunakan foto orang tua mereka," ujarnya.
 
Puji menilai, jika anak-anak terlalu terpengaruh oleh idola dari luar, bisa berakibat negatif. Terutama saat orang mengabaikan peran mereka terhadap pengawasan dan pendidikan terhadap anak-anak mereka.
 
"Sudah ada edukasi kemarin melalui reses ke sekolah-sekolah, sekarang tinggal bagaimana orang tuanya bertanggung jawab di rumah untuk tidak membiarkan anaknya suka bereksis sendirian dan lebih memperhatikan jam pulang anak," tambahnya.
 
Lebih lanjut, ia mengingatkan pentingnya dilakukan pengawasan dan pemdampingan orang tua dalam membentuk perilaku positif anak yang akan menjadi generasi muda bangsa.
 
"Karena itu, peran orang tau sangat penting dalam membimbing anak-anak, karena dalam 18 jam sehari, anak menghabiskan waktunya di rumah. Jika ada perilaku anak yang negatif, pertanyaannya adalah dari mana asal perilaku tersebut," tutur Puji.
 
Politisi Partai Nasdem inipun berpesan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan dunia luar anak agar nantinya tidak terpengaruh dengan dunia luar. 

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm