Ini Hasil High Level Meeting (HLM) TPID Kota Palembang Jelang HBKN Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

28 November 2023 18:45 WIB
Ini Hasil High Level Meeting (HLM) TPID Kota Palembang Jelang HBKN Natal 2023 dan Tahun Baru 2024
Ini Hasil High Level Meeting (HLM) TPID Kota Palembang Jelang HBKN Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ( )

 

Palembang, Sonora.ID - Pada hari Kamis, 27 November 2023 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Palembang melaksanakan High Level Meeting (HLM) jelang hari besar keagamaan nasional (HBKN) Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, kegiatn ini berlangsung di Ballroom Hotel Santika Premiere Palembang.

Disela-sela kegiatan HLM ini juga dilakukan serah terima bantuan bibit cabai serta penandatangan perjanjian kerja sama daerah antara Pemerintah Kota Palembang dengan Produsen Agen Komoditas Bahan Pangan.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Pimpinan OPD Kota Palembang selaku anggota TPID Kota Palembang, perwakilan perbankan, perakilan BUMN/BUMD, akademisi dari Universitas Sriwijaya, serta para Distributor Bahan Pangan.

Baca Juga: Waspada! Langsung Mandi Usai Bangun Tidur Bisa Bikin Kulit Kering

Kegiatan serah terima bantuan bibit cabai kepada Pemerintah Kota Palembang sebanyak 4000 (empat ribu) batang masing-masing dari Bank Indonesia, Bank Sumsel Babel, dan Badan Permusyarahan Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Sumatera Selatan mengawali Kegiatan HLM.

Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dinas Perdagangan Kota Palembang dengan Asosiasi Peternak Unggas, serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang dengan Agen Cabai Kota Palembang.

Dalam sambutannya, PJ Sekda Kota Palembang, Ir. Gunawan MTP menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia, Bank Sumsel Babel, dan BMPD Provinsi Sumatera Selatan atas penyerahan bantuan bibit cabai merah sebagai bentuk dukungan terhadap pengendalian inflasi di Kota Palembang. PJ Sekda Kota Palembang juga mengucapan terima kasih kepada Bulog, Produsen Telur, Agen Cabai Rawit dan Cabai Merah atas dukungan dan kerja sama dalam pelaksanaan strategi 4K.

Dengan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, saya berharap inflasi di Kota Palembang tetap terkendali dan sesuai dengan sasaran inflasi nasional, serta kesejahteraan masyarakat dapat terwujud sesuai dengan target Palembang Emas Darussalam, ” ujar Gunawan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Nurcahyo Heru Prasetyo, turut menyampaikan laporan terkait perkembangan inflasi Kota Palembang. Dalam laporannya, Heru menyampaikan bahwa TPID Kota Palembang perlu mewaspadai inflasi pada bulan Desember.

Mencermati risiko kenaikan harga komoditas, rekomendasi upaya inflasi yang diusulkan adalah untuk terus memperkuat strategi 4K; Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi yang Efektif.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Kacang Hijau, Bisa Sembuhkan 10 Penyakit Ini

Heru juga menyampaikan bahwa HLM TPID akan lebih efektif jika dibarengi dengan koordinasi di tingkat teknis untuk monitoring pergerakan harga dari minggu ke minggu dengan tujuan mengantisipasi anomali harga pada komoditas dan menentukan respon yang tepat.  

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, Didik Susetyo, yang menyampaikan beberapa rekomendasi terkait pengendalian inflasi di Kota Palembang.

Beberapa diantaranya adalah agar Pemerintah mengupayakan penyesuaian harga tarif komoditi strategis (public utility) yang dilakukan secara regular sesuai periode tertentu agar masyarakat tidak merasa keberatan.

Khususnya, pada tarif PDAM Tirta Musi yang mengalami kenaikan di bulan Oktober 2023 setelah terakhir penyesuaian tarif di bulan Juli 2011.

“Sebaiknya dilakukan studi yang mendalam terkait beban kenaikan biaya produksi, terutama biaya tetap dan biaya variabel.” ucap Didik.

Inflasi Kota Palembang pada bulan Oktober 2023 tetap terkendali di angka 0,53% (mtm) atau 2,94% (yoy), masih berada dalam sasaran inflasi nasional sebesar 3% ± 1%. Secara tahunan, inflasi Kota Palembang lebih dari inflasi nasional yang sebesar 2,56% (yoy).

Menjelang penghujung tahun 2023 ini, Bank Indonesia bersama Pemerintah Kota Palembang dan instansi terkait lainnya memperkuat sinergi dan kolaborasi untuk memastikan stabilisasi inflasi ke depan agar dapat membangun perekonomian Kota Palembang yang lebih kuat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm