5 Hadis Tentang Kejujuran dalam Islam, Jadi Pengingat untuk Semua

1 Desember 2023 14:40 WIB
ilustrasi, Hadis Tentang Kejujuran
ilustrasi, Hadis Tentang Kejujuran ( Freepik)

Sonora.ID - Simak beberapa hadis tentang kejujuran dalam Islam berikut ini.

Jujur menjadi salah satu sifat mulia yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Dalam agama Islam, kejujuran adalah kunci kebaikan.

Sepahit apapun kenyataan yang terjadi, kita diwajibkan untuk tetap jujur.

Bahkan banyak dalil Qur'an dan hadis yang mengangkat tentang keutamaan sifat mulia ini.

Berikut di antaranya.

Baca Juga: 12 Hadis Tentang Kasih Sayang dalam Islam, Jadi Pengingat untuk Kita Semua!

Hadis Tentang Kejujuran

  • Hadis I

عَنْ أَبِى ذَرٍّ قَالَ أَمَرَنِى خَلِيلِى -صلى الله عليه وسلم- بِسَبْعٍ أَمَرَنِى بِحُبِّ الْمَسَاكِينِ وَالدُّنُوِّ مِنْهُمْ وَأَمَرَنِى أَنْ أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ دُونِى وَلاَ أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقِى وَأَمَرَنِى أَنْ أَصِلَ الرَّحِمَ وَإِنْ أَدْبَرَتْ وَأَمَرَنِى أَنْ لاَ أَسْأَلَ أَحَداً شَيْئاً وَأَمَرَنِى أَنْ أَقُولَ بِالْحَقِّ وَإِنْ كَانَ مُرًّا وَأَمَرَنِى أَنْ لاَ أَخَافَ فِى اللَّهِ لَوْمَةَ لاَئِمٍ وَأَمَرَنِى أَنْ أُكْثِرَ مِنْ قَوْلِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ فَإِنَّهُنَّ مِنْ كَنْزٍ تَحْتَ الْعَرْشِ

Artinya: "Dari Abu Dzaar, ia berkata, “Kekasihku Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan tujuh hal padaku : mencintai orang miskin dan dekat dengan mereka. Beliau memerintah agar melihat pada orang di bawahku (dalam hal harta) dan janganlah lihat pada orang yang berada di atasku. Beliau memerintahkan padaku untuk menyambung tali silaturahim (hubungan kerabat) walau kerabat tersebut bersikap kasar. Beliau memerintahkan padaku agar tidak meminta-minta pada seorang pun. Beliau memerintahkan untuk mengatakan yang benar walau itu pahit. Beliau memerintahkan padaku agar tidak takut terhadap celaan saat berdakwa di jalan Allah. Beliau memerintahkan agar memperbanyak ucapan 'laa hawla wa laa quwwata illa billah' (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah), karena kalimat tersebut termasuk simpanan di bawah ‘Arsy”. (HR. Ahmad 5: 159. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih, namun sanad hadits ini hasan karena adanya Salaam Abul Mundzir).

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm