Mindfulness dalam Keseharian untuk Menjaga Kesehatan Mental di Era Hektik

11 Desember 2023 11:16 WIB
Mindfulness dalam Keseharian untuk Menjaga Kesehatan Mental di Era Hektik.
Mindfulness dalam Keseharian untuk Menjaga Kesehatan Mental di Era Hektik. ( )

Sonora.ID - Di tengah-tengah dinamika dan tekanan kehidupan modern, menjaga kesehatan mental menjadi semakin penting. Salah satu pendekatan yang semakin populer adalah konsep mindfulness.

Artikel ini akan menjelajahi apa itu mindfulness dan bagaimana praktik ini dapat membantu menjaga kesehatan mental di era hektik yang serba cepat.

Mindfulness: Pengantar dan Konsep Dasar

Mindfulness, atau kesadaran penuh, berasal dari tradisi meditasi Buddhis, tetapi sekarang telah menjadi fenomena global dalam konteks kesehatan mental dan kebugaran. Pada dasarnya, mindfulness adalah keadaan di mana seseorang menjadi sepenuhnya sadar dan fokus pada pengalaman saat ini tanpa menghakimi atau menilai.

Pusat perhatian mindfulness adalah pada keadaan pikiran yang tenang dan kesadaran terhadap pikiran dan perasaan tanpa melekat pada mereka. Ini melibatkan penerimaan penuh terhadap momen sekarang, baik itu menyadari pernapasan, sensasi tubuh, atau pikiran yang muncul. Dengan membawa perhatian pada saat ini, mindfulness membantu mengurangi stres, kecemasan, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Praktik Mindfulness dalam Keseharian

1. Meditasi Mindfulness:
Salah satu cara paling umum untuk mempraktikkan mindfulness adalah melalui meditasi. Meditasi mindfulness melibatkan duduk dalam keheningan, fokus pada pernapasan atau suara tertentu, dan secara lembut membimbing pikiran kembali ke momen sekarang ketika tergelincir ke dalam pemikiran atau distraksi.

2. Perhatian pada Pernapasan:
Salah satu aspek utama dari mindfulness adalah fokus pada pernapasan. Ini dapat dilakukan di mana saja, baik di meja kerja atau di tengah hiruk-pikuk kota. Hanya dengan merasakan nafas masuk dan keluar, kita dapat membawa diri kita kembali ke saat ini dan mengurangi stres.

3. Makan dengan Kesadaran:
Seringkali, kita makan sambil melakukan banyak hal lain, seperti bekerja atau menonton televisi. Makan dengan kesadaran melibatkan mengalihkan perhatian sepenuhnya pada proses makan. Rasakan tekstur, rasa, dan bau makanan. Ini membantu kita lebih menghargai makanan dan mengurangi pola makan emosional.

4. Berjalan dengan Kesadaran:
Ketika berjalan, banyak dari kita cenderung terfokus pada tujuan kita tanpa benar-benar menyadari setiap langkah yang kita ambil. Berjalan dengan kesadaran melibatkan merasakan sentuhan setiap langkah dengan tanah, meresapi lingkungan sekitar, dan benar-benar mengalami proses berjalan.

Penulis
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm