KBRI Tokyo Fasilitasi Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

12 Desember 2023 14:30 WIB
( )

Sonora.ID - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyaksikan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) dengan Tokushukai Medical Corporation (TMC), Jepang berupa bantuan TMC sebesar 10 miliar Yen (1 triliun Rupiah).

Kedua pihak sepakat memperkuat kerja sama dalam bentuk pembangunan gedung baru yang akan dinamakan Harapan Kita - Tokushukai Cardiovascular Center Building di Tokyo, Senin 11 Desember 2023.

MoU ini ditandatangani oleh Direktur Utama RSJPD Harapan Kita, Iwan Dakota dan CEO Tokushukai Medical Group, Shinichi Higashiue.

Menkes Budi Gunadi Sadikin memastikan bantuan yang diberikan Tokushukai Medical Corporation ini adalah untuk pengembangan RSJPDHK.

Baca Juga: Cuaca Panas Tinggi Jepang, KBRI Tokyo Keluarkan Imbauan WNI Agar Tidak Mengalami Heat Stroke

“Hubungan antara RSJPDHK dengan Tokushukai Medical Corporation sudah sejak 2004. Hubungan ini terus berkembang hingga kemudian grup ini memutuskan untuk memberikan donasi 1 triliun Rupiah untuk membangun gedung baru 24 lantai di RJPDHK (20 lantai gedung layanan, 2 lantai basement, 1 lantai MEP, dan 1 lantai helipad). Saya berharap kerja sama ini tidak hanya di tingkat antar pemerintah dan swasta tapi juga antar individu. Menurut saya hubungan di tingkat personal antar bangsa dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa ke depannya,” tegas Menkes Budi Gunadi.

Budi menambahkan, pembangunan Cardiovascular Center ini akan memberikan manfaat yang besar bagi penduduk Indonesia khususnya melakukan pengobatan dan perawatan penyakit jantung di tanah air.

Ia pun berharap bantuan ini dapat semakin meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat serta Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan di Indonesia.

“Saya memandang penting kerja sama peningkatan pelayanan kardiovaskular yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik di tingkat pemerintah maupun sektor swasta.  MoU hari ini merupakan bukti kolaborasi tersebut. Saya harap sumbangan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk memastikan peningkatan pelayanan bagi masyarakat dan peningkatan SDM Kesehatan,” ujar Dubes Heri yang didampingi Diplomat Muda Budi Akmal Djafar.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama RSJPD Harapan Kita Iwan Dakota menjelaskan selain bantuan untuk pembangunan Gedung RSJPD Harapan Kita, juga dilakukan kerja sama untuk tenaga dokter ahli jantung dari Jepang untuk memberikan pelatihan dan praktik di Indonesia.

Kerja sama lainnya antara kedua belah pihak juga termasuk hibah peralatan dan perlengkapan kesehatan dan pertukaran tenaga ahli dokter.

Baca Juga: Cuaca Panas Tinggi Jepang, KBRI Tokyo Keluarkan Imbauan WNI Agar Tidak Mengalami Heat Stroke

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm